PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI SENENAN THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA CUKIR KEC.DIWEK KAB. JOMBANG

AHMAD FATHURROBBANI, NIM. 12530019 (2017) PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI SENENAN THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA CUKIR KEC.DIWEK KAB. JOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI SENENAN THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA CUKIR KEC.DIWEK KAB. JOMBANG)
12530019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI SENENAN THARIQAH QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA CUKIR KEC.DIWEK KAB. JOMBANG)
12530019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Senenan merupakan suatu kegiatan mingguan Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Desa Cukir kabupaten Jombang. Thariqah sendiri merupakan organisasi keagamaan yang menggunakan aspek tasawwuf agar bisa merasa lebih dekat dengan Allah. Senenan pada dasarnya merupakan salah satu kegiatan dari banyaknya kegiatan TQN desa Cukir. dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan fungsi dan tujuan serta beberapa aspek sosial keagamaan terkait kegiatan tersebut. Terutama bacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca di dalamnya. Jenis penelitian kualitatif ini cara mendapatkan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini diambil dari hasil wawancara dengan beberapa orang yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan Senenan tersebut. Adapun responden ada yang dari jama’ah, pengurus dan warga sekitar. Adapun beberapa juga wawancara dengan menggunakan kuisioner Bacaan surah al-Qur’an yang terdapat dalam Senenan yaitu surah al- Ikhlas, surah al-Insyirah, surah al-Fatihah, surah Yaasin “Fadlilah”. Keempatnya mempunyai kegunaan masing-masing. Al-Fatihah dengan awalan dan jantung al-Qur’an, al-Insyirah untuk kemudahan, al-Ikhlas agar lebih memahami ke-Esa-an Allah, Yaasin agar dijauhkan dari siksa kubur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ALI IMRON,S.Th.I,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Senenan, Thariqah, ayat-ayat al-Qur’an
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Apr 2017 13:44
Last Modified: 13 Apr 2017 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum