FUNDAMENTALISME ISLAM DAN RESPON ORGANISASI KEPEMUDAAN: STUDI KASUS KARANG TARUNA MARGA UTAMA DESA SOMOSARI KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA SKRIPSI

MUHAMAD LUTFI NAJIB, NIM. 09520029 (2017) FUNDAMENTALISME ISLAM DAN RESPON ORGANISASI KEPEMUDAAN: STUDI KASUS KARANG TARUNA MARGA UTAMA DESA SOMOSARI KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNDAMENTALISME ISLAM DAN RESPON ORGANISASI KEPEMUDAAN: STUDI KASUS KARANG TARUNA MARGA UTAMA DESA SOMOSARI KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA SKRIPSI)
09520029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FUNDAMENTALISME ISLAM DAN RESPON ORGANISASI KEPEMUDAAN: STUDI KASUS KARANG TARUNA MARGA UTAMA DESA SOMOSARI KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA SKRIPSI)
09520029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang muncul dan banyak diperbincangkan sekarang adalah isu mengenai maraknya gerakan sosial keagamaan yang menjunjung tinggi pentingnya kembali kepada ajaran Agama yang murni. Gerakan ini muncul sebagai respon atas kapitalisme global, modernisasi, dan globalisasi. Kelompok ini kemudian dikenal dengan kelompok yang mengikuti faham Fundamentalisme. Fundamentalisme merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan kelompok bermisi puritansi keagamaan. Salah satu sasaran yang dikritisi oleh kelompok ini adalah kelompok tradisionalis. Karena amaliyah yang dilakukan kelompok tradisionalis mempunyai amaliyah yang bercampur dengan tradisi lokal. Dalam menjalankan kegiatanya, kelompok fundamentalis juga menggaet kaum muda menjadi kader. Oleh sebab itu dalam rangka menjaga dan memelihara tradisi lokal, kelompok pemuda Karang Taruna Marga Utama menganggap sangat penting untuk menanggapi dan merespon keberadaan kelompok Fundamentalis di lingkungannya. Keberadaan kelompok ini di tengah masyarakat tradisionalis merupakan alasan penting, untuk mengetahui bagaimana proses masuknya kelompok fundamentalis di desa Somosari tempat Karang Taruna Marga Utama Berada. Penelitian ini memfokuskan pada dua hal yaitu: bagaimana masuknya Majelis Tafsir Al-qur’an di Desa Somosari dan Bagaimana respon Karang Taruna Marga Utama terhadap kelompok Majelis Tafsir Al-Qur’an. Untuk membahas masalah dalam penelitian ini menggunakan teori gerakan sosial. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu jenis penelitian yang dilakukan dan difokuskan pada fenomena yang terjadi. Sementara pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus, yaitu pendekatan yang uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek seorang individu, kelompok, suatu organisasi (komunitas), suatu program, atau suatu situasi sosial. Adapun proses pengambilan data diambil melalui observasi, interview dan kepustakaan. Data yang ada kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu memberikan gambaran dan melaporkan apa adanya dengan proses analisa dari data-data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelompok fundamentalisme dan puritanisme MTA mulai masuk ke Desa Somosari berawal sejak runtuhnya Orde Baru dan memasuki era reformasi, yaitu ketika pendatang yang menetap di Desa Somosari. Penganut kelompok ini adalah pendatang, penduduk asli kemudian terpengaruh dan ikut bergabung. Dalam merespon gerakan Islam fundamentalis, Karang Taruna Marga Utama yang dulu hanya fokus pada pengembangan pemuda di bidang ekonomi, kini sudah mulai tersadar dan tergerak untuk menyoroti bidang keagamaan. Penguatan dan penanaman pemahaman keagamaan merupakan respon yang dilakukan untuk membentengi warga dan pemuda Desa Somosari dari gerakan Fundamentalisme Islam. Dalam upaya tersebut Karang Taruna Marga Utama mewujudkannya dalam tiga program kegiatan; pertama. Dakwah dan sosialisasi keagamaan, kedua. Kajian keislaman ketiga. Bimbingan belajar megaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ahmad Salehudin, S. Th. I., MA
Uncontrolled Keywords: Fundamentalisme, Puritan, Respon dan Karang Taruna.
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Agama dan Filsafat (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Apr 2017 14:35
Last Modified: 13 Apr 2017 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum