PENGARUH PEMAHAMAN KEAGAMAAN TERHADAP KEBERSIHAN SANTRI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL SKRIPSI

BAGUS NUR ROHMAN, NIM. 12520040 (2017) PENGARUH PEMAHAMAN KEAGAMAAN TERHADAP KEBERSIHAN SANTRI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMAHAMAN KEAGAMAAN TERHADAP KEBERSIHAN SANTRI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL SKRIPSI)
12520040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMAHAMAN KEAGAMAAN TERHADAP KEBERSIHAN SANTRI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL SKRIPSI)
12520040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Kebersihan merupakan hal yang pokok dalam Agama Islam, dalam setiap ibadah selalu diwajibkan untuk suci dan bersih. Oleh karena itu, kebersihan harus diajarkan kepada setiap umatnya. Pondok Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan dalam Islam khususnya di Indonesia tentu sangat berperan dalam memberi pelajaran mengenai kebersihan termasuk juga Pondok Pesantren Fadlun Minalloh. Meskipun dalam ajaran Islam kebersihan sangat ditekankan namun berbanding terbalik dengan realita di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh, terlihat kebersihan masih kurang diperhatikan dan lingkungan menjadi tidak nyaman dipandang. Dari realitas tersebut penulis merumuskan dua rumusan masalah yakni bagaimana ajaran kebersihan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh dan juga bagaimana pengaruh ajaran kebersihan terhadap kebersihan santri Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis melakukan observasi dengan melakukan pengamatan terhadap gejala yang ada pada objek penelitian serta wawancara dengan para santri dan juga ustadz Pondok Pesantren Fadlun Minalloh. Adapun teori yang digunakan adalah teori strukturalisme genetik milik Pierre Bourdieu dengan konsep habitusnya dan konsep-konsep lain yang saling terkait dengan konsep habitus tersebut. teori ini digunakan untuk menganalisis perilaku santri. Selain itu juga digunakan teori disonansi kognitif dari Festinger untuk menganalisis bagaimana pengaruh ajaran kebersihan terhadap kebersihan santri. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu yang pertama, ajaran kebersihan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh sudah dijelaskan sebagaimana Islam mengajarkan tentang kebersihan. Namun ajaran yang disampaikan lebih banyak kepada kebersihan yang berhubungan dengan ibadah atau lebih tepatnya kesucian baik itu tempat, badan maupun pakaian. Sementara kebersihan selain hal itu tidak disampaikan secara mendalam. Adapun pengaruh ajaran kebersihan berdampak pada tindakan santri Pondok Pesantren Fadlun Minalloh yang lebih mengutamakan kesucian atau bersih dari najis karena apa yang mereka terima lebih banyak pada hal tersebut. Dengan demikian, kebersihan selain dalam hal najis menjadi kurang diperhatikan dan menyebabkan lingkungan terlihat kotor meskipun tidak terdapat najis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Dian Nur Anna S.Ag. M.A
Uncontrolled Keywords: pengaruh keagamaan, kebersihan, Pompresllllllll
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Apr 2017 14:27
Last Modified: 18 Apr 2017 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item