POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN SUMBERAN, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN )

THOBI’IN MA’RUF, NIM. 12350045 (2017) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN SUMBERAN, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN SUMBERAN, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN ))
12350045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM ( STUDI KASUS DI DUSUN SUMBERAN, SUMBERAGUNG, MOYUDAN, SLEMAN ))
12350045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Setiap jenis laki-laki atau perempuan, dilengkapi Allah SWT dengan alat serta aneka sifat dan kecenderungan yang tidak dapat berfungsi secara sempurna jika ia berdiri sendiri. Kesempurnaan eksistensi makhluk dapat tercapai dengan bergabungnya antara laki-laki dan perempuan yang membentuk suatu ikatan yang disebut perkawinan. Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pernikahan akan membentuk sebuah komunitas kecil yang terdiri dari ayah, ibu dan beberapa anak, masing-masing mempunyai hak dan kewajiban, sehingga satu sama lain saling membantu dan melengkapi. Pengasuhan anak atau ḥaḍānah adalah kegiatan mengasuh, memelihara dan mendidik anak hingga dewasa atau mampu berdiri sendiri. Pola asuh orang tua adalah pola perilaku orang tua yang diterapkan pada anak yang bersifat relatif dan konsisten dari waktu ke waktu Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, Untuk menjelaskan bagaimana pola pengasuhan anak di Dusun Sumberan, Sumberagung, Moyudan, Sleman. ditinjau dalam perspektif hukum Islam. Penelitian ini diharapkan mempunyai kegunaan baik dalam bidang ilmiah maupun yang lainnya Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research), Sifat penelitian yang dipakai adalah deskriptif analisis, Teknik Pengumpulan Data, Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara), Dokumentasi Berdasarkan pembahasan yang telah penulis maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut, Bagi para orang tua sebaiknya merubah pola pengasuhan anak yang cenderung permisif menjadi demokratis, dipadukan dengan pola asuh otoriter agar anak jera untuk melakukan kenakalan. Adanya upaya memaksa dengan keras terhadap anak serta lebih intensif lagi dalam melakukan pengawasan bermain. Melakukan pendampingan ibadah seperti salat lima waktu dan terus memotivasi anak untuk mematuhi aturan agama, masyarakat dan bangsa, jangan hanya dibiarkan saja, diberikan keteladanan menuju akhlak yang baik sebagai pribadi muslim yang berakhlakul karimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Malik Ibrahim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, perkawinan, rumah tangga, hadanah
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2017 11:23
Last Modified: 18 Apr 2017 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum