PENDEKATAN KOMPREHENSIF PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI

Sumarni, Sri (2016) PENDEKATAN KOMPREHENSIF PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI. In: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016, Yogyakarta, pp. 81-118. ISBN 978-602-278-025-0

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KOMPREHENSIF PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI)
10. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Perspektif- Sri Sumarni.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dini sangat penting untuk memberi fondasi yang kokoh bagi kehidupannya di kemudian hari, karena usia dini atau sering disebut sebagai golden age merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi, termasuk menanamkan nilainilai karakter. Diperlukan pendekatan komprehensif dalam pendidikan karakter pada anak usia dini, karena pendekatan yang telah ada sering bersifat doktriner dan kurang menghargai anak. Pendekatan komprehesif dimaksud adalah: (1) pendekatan mikro dilakukan untuk menanamkan nilainilai karakter dan memberikan solusi terhadap masalah karakter secara individual, (2) pendekatan meso dengan membangun kultur yang berkarakter), dan (3) pendekatan makro dengan membangun kerjasama untuk memperhatikan dan menyelesaikan masalahmasalah karakter anak. Anakanak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter apabila dapat tumbuh pada lingkungan yang berkarakter, sehingga masalah sekecil apapun dapat segera diselesaikan dengan tepat, baik secara individu maupun kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan secara solid edukatif.

Item Type: Book Section
Additional Information: (State Islamic University “Sunan Kalijaga”, Yogyakarta, Indonesia)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, anak usia dini, pendekatan komprehensif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Buku
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 May 2017 09:12
Last Modified: 26 May 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum