PEMBELAJARAN LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL

IMAM SOPINGI, 03430032-T (2006) PEMBELAJARAN LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika di MTs Negeri Gondowulung Bantul belum sesuai dengan yang diharapkan. Siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika dan prestasinya rendah. Guru selama ini belum mengembangkan proses pembelajaran dengan optimal yang dapat membangkitkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Melalui penelitian tindakan kelas ini diterapkan pembelajaran kontekstual yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa. Diharapkan dengan pendekatan kontekstual dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang disingkat dengan PAKEM, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Siklus pertama dengan sub pokok bahasan keliling lingkaran dengan alat bantu model lingkaran, penggaris, meteran, jangka sorong, kaleng bekas, benda yang berbentuk lingkaran dan LKS yang kontekstual. Pada kegiatan ini siswa menemukan nilai pendekatan n (phi). Penerapan dilakukan dengan mengukur panjang lintasan sebuah lingkaran yang diketahui keliling dan banyaknya putaran roda. Siklus kedua dengan sub pokok bahasan luas lingkaran dengan alat bantu model lingkaran dari kertas yang telah disiapkan guru, penggaris, gunting, lem dan kertas. Pada kegiatan ini siswa menemukan rumus luas lingkaran. Siklus ketiga dengan sub pokok bahasan hubungan antara panjang busur, besar sudut pusat dan luas juring suatu lingkaran. Pada kegiatan ini siswa menemukan perbandingan senilai antara panjang busur, besar sudut pusat dan luas juring suatu lingkaran. Dari pengamatan guru, observer, hasil angket, dan test menunjukkan bahwa ada perubahan yang positif baik dari . siswa maupun cara guru mengajar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkaan bahwa dengan pendekatan kontekstual dapat menciptakan suatu pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sugiyono, M.Pd / Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN LINGKARAN, PENDEKATAN KONTEKSTUAL, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Matematika
Pendidikan Matematika
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Jun 2017 10:24
Last Modified: 05 Jun 2017 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum