HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DAN KREATIFITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I SEMESTER II MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2002/2003

INDANA ZULFA, NIM: 98454058 (2003) HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DAN KREATIFITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I SEMESTER II MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2002/2003. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

INDANA ZULFA. Hubungan antara lntelegensi dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas I Semester ll MAN Yogyakarta I Tahun Ajaran 2002/2003. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Tadris MIPA lAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2003 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa Rumusan masalahan pada penelitian ini adalah (I) adakah hubungan antara intelegensi dengan prestasi belajar fisika siswa, (2) adakah hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar fisika siswa. (3) adakah hubungan antara intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa, ( 4) berapa besar pengaruh intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa. Berdasarkan dasar teori, penulis mengajukan hipotesis: (I) ada bubungan antara intelegensi dengan presrasi belajar fisika siswa, (2) ada hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar fisika siswa. (3) ada hubungan antara intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa. ( 4) pengaruh intelegensi lebih kecil dibandingkan pengaruh kreativitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriprif korelasional. Pupulasi penelitian adalah siswa kelas I MAN Yogyakarta I. Pengambilan sampel digunakan teknik ordinal random sampling dengan sampel sebanyak 80 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga instrumen yaitu instrumen tes intelegensi, tes prestasi belajar, angket kreativitas yang memiliki koefisien reliabilitas angket sebesar 0,89. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis korelasi pada taraf signifikan 5% menunjukkan: ( l) ada hubungan antara intelegensi dengan prestasi belajar fisika siswa (Rxly)=0.525. (2) ada hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar fisika siswa (Rx2y )=0.378. (3) ada hubungan antara intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa I..Ry12)=0.601. (4) pengaruh intelegensi lebih kecil dibandingkan kreativitas terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi pada taraf signifikan 5% menunjukkan: (l) hubungan anrara intelegensi. dengan prestasi belajar fisika siswa F hit= 27,381 > F t:tb= 3,974, (2) hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar fisika siswa F tu1= II ,984> F Uib= 3,974, (3) hubungan antara intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa F hit= 20,085> F tah= 3, 126, Hasil perhitungan (1) kontribusi efektif diperoleh (a) intelegensi terhadap prestasi belajar 0,95%, (b) kreativitas terhadap prestasi belajar 35,19%, (c) intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar 36, I 3%. (2) kontribusi relatif (a) intelegensi terhadap prestasi belajar 2,62%, (b) kreativitas terhadap prestasi belajar 97,38%, (c) intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar 100%. Temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: : (I) ada hubungan antara intelegensi dengan prestasi belajar fisika siswa, (2) ada hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar fisika siswa, (3) ada hubungan antara intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar fisika siswa, (4) pengaruh intelegensi lebih kecil dibandingkan pengaruh kreativitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.Murtono, M.si
Subjects: Fisika
Pendidikan Fisika
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:03
Last Modified: 05 Jun 2017 04:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25374

Actions (login required)

View Item View Item