PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME DIAN AMANAH YOGYAKARTA

ISNAENI MEI NURLAELA, NIM:01430934 (2006) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISME DIAN AMANAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika anak autis tentang konsep bilangan dan konsep penjumlahan dengan menggunakan media kartu bilangan. Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan pervasive yang ditandai adanya gangguan kognitif, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Anak autis mutlak memerlukan media sebagai perantara untuk mempelajari konsep matematika yang abstrak. Media kartu bilangan berfungsi untuk menjembatani dari konsep bilangan ke lambang bilangan atau dari dunia nyata ke dunia simbol matematik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas D-1 SLB Autisme Dian Amanah Yogyakarta. Jumlah siswa kelas D-1 (setara dengan SD kelas T) sebanyak 2 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan guru, observasi dan jumal harian. Data peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep bilangan dan konsep penjumlahan diperoleh melalui penilaian hasil belajar matematika dari nilai tes sebelum materi diberikan (post tes) dan nilai tes setelah materi diberikan (pre tes). Data hasil belajar matematika dan penilaian keaktivan siswa selama proses pembelajaran matematika dianalisis dengan analisis deskriptif dan menghitung persentase peningkatan nilai setiap siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu bilangan dalam pembelajaran matematika anak autis dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan meningkatan keaktivan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil persentase peningkatan yang diperoleh dari tindakan siklus I sampai pada tindakan siklus III sebesar 6,67% untuk subjek I dan persentase peningkatan sebesar 17,64% untuk subjek II merupakan bukti peningkatan hasil belajar dan keaktivan siswa dalam pembelajaran matematika tentang konsep bilangan dan konsep penjumlahan dengan menggunakan media kartu bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Subagya, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media, Anak Autis, Matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan Matematika
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:41
Last Modified: 05 Jun 2017 04:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25377

Actions (login required)

View Item View Item