PENGARUH PENAMBAHAN ASAM LAKTAT DALAM PERENDAMAN KEDELAI TERHADAP KADAR PROTEIN TEMPE(Sebagai Sumber Belajar Kimia Di Madrasah Aliyah)

LULUK UDAYANTI, 00440471 (2005) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM LAKTAT DALAM PERENDAMAN KEDELAI TERHADAP KADAR PROTEIN TEMPE(Sebagai Sumber Belajar Kimia Di Madrasah Aliyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asam laktat dalam perendaman kedelai terbadap kadar protein tempe. Setelah dilakukan seleksi dan modifikasi terhadap hasil penelitian, diharapkan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar kimia di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah tempe kedelai yang dibuat dengan penambahan asam laktat dalam perendaman kedelai yaitu 0%, 0,5%, 1%, 1 ,5%, dan 2%, sedangkan sampelnya adalah 1 gram tempe dari setiap jenis tempe. Analisis terhadap protein tempe dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis protein secara kualitataif dilakukan dengan uji biuret yaitu tempe yang telah dihaluskan ditetesi dengan pereaksi biuret. Reaksi positif ditunjukkan dengan terbentuknya warna ungu. Analisis kuantitatif dilakukan dengan metode kjeldahl untuk mengetahui kadar protein tempe yang ditunjukkan dengan kadar nitrogen terlarut. ' Tehnik analisis data penelitian ini menggunakan rancangan penelitian satu faktor lima cuplikan yaitu tempe pada perendaman kedelai dengan asam laktat 0%, 0,5%, 1%, 1,5% 2%. Masing-masing sampel dilakukan ulangan sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian (ANAVA A) dan jika menunjukkan beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncant Multiple Range Test) Hasil ANAVA A menunjukkan F hitung > F tabel pada taraf 5% berarti bahwa penambahan asam laktat dalam perendaman kedelai berpengaruh nyata terbadap kadar protein tempe yang dihasilkan, dengan demikian dilakukan uji lanjut DMRT. Konsentrasi asam laktat optimal yang menghasilkan kadar protein maksimal adalah asam laktat 1 %. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar kimia di Madrasah Aliyah kelas XII semester 2 pada pokok bahasan aspek biokimia sub pokok bahasan protein setelah dilakukan seleksi dan modifikasi terbadap hasil penelitian berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Susy Yunita Prabawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Asam laktat, perendaman kedelai, kadar protein tempe
Subjects: Kimia
Pendidikan Kimia
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:35
Last Modified: 06 Jun 2017 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25387

Actions (login required)

View Item View Item