PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA (Telaah Metode Pengajaran)

MAYA SUSANTI, 01420922 (2006) PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA (Telaah Metode Pengajaran). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

MAYA SUSANTI. Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pundong Bantul Yogyakarta (Telaah Metode Pengajaran). Dalam proses belajar mengajar bahasa, ada beberapa hal penting yang harus menjadi catatan bagi kita sebelum melangkah jauh masuk ke dalam proses mengajar bahasa, yaitu Pendekatan, Metode, dan Tekhnik. Pendekatan adalah asumsi berkenaan dengan hakekat belajar mengajar bahasa, metode adalah rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis, sedangkan tekhnik adalah kegiatan spesifik yang diimplementasikan secara organik dalam praktek yang selaras dengan pendekatan dan metode yang digunakan. Dalam istilah bahasa Arab, metode dinamakan dengan Thoriqoh atau jalan yang berarti rencana menyeluruh yang berkenaan dengan penyajian materi secara teratur, dan tidak ada satu bagian pun di dalamnya yang saling bertentangan satu dengan yang lain. Dalam konteks absraksi ini, penulis akan mencoba menjelaskan bahwa posisi metode pada dasarnya adalah sebagai sebuah superordinate dalam rangkaian proses belajar mengajar bahasa Arab, atau urgensinya sangat dibutuhkan dalam memulai sebuah proses belajar mengajar bahasa. Karena itulah metode menjadi istilah kunci untuk menggambarkan secara definitif tahapan yang akan dilalui dalam proses belajar mengajar bahasa yaitu pendekatan yang berupa asumsi, rancangan yang akan menentukan pengaitan teori yang dipakai, dan prosedur berupa tekhnik dan praktek yang diambil dari pendekatan dan rancangan tertentu yang tersistematis dalam bentuk kurikulum. Oleh sebab itu, dalam skripsi ini penulis ingin meneliti bagaimana proses belajar mengajar bahasa Arab di MTsN Pundong Bantul Yogyakarta, khususnya berkenaan dengan metode pengajaran yang digunakan, dan membahas tentang beberapa faktor penghambat pengajaran bahasa Arab, respon dan tanggapan siswa terhadap pelajaran bahasa Arab serta meneliti tentang basil yang dicapai siswa MTsN Pundong Bantul Yogyakarta dalam pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil tempat di MTsN Pundong Bantul Yogyakarta, dan untuk menganalisis data yang bersifat kuantitatif, penulis menggunakan statistik deskriftif dengan menggunakan rumus persentase dan rumus mean untuk mencari nilai rata-rata siswa MTsN Pundong Bantul Yogyakarta . Dan untuk data yang bersifat kualitatif, penulis menggunakan metode induktif yaitu suatu proses berpikir untuk memperoleh kesimpulan yang berangkat dari fakta yang khusus kemudian ditarik kesimpulan secara umum, sehingga penulis bisa mengolah dan menganalisis data-data yang ditemukan untuk menemukan satu formula atau konsep yang efektif mengenai metode pengajaran bahasa Arab. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa secara garis besar pengajaran bahasa Arab di MTsN Pundong Bantul Yogyakarta sudah berjalan sesuai standar umum kurikulum yang ditentukan oleh Depag dan metode yang dipakai pun telah berhasil diterapkan yaitu metode Eklektik dengan keberhasilan nilai rata-rata yang dicapai siswa dalam tes pelajaran bahasa Arab sebesar 74,76.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Achmad Warid, M.Ag.
Subjects: Bahasa Arab
BAHASA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:12
Last Modified: 06 Jun 2017 04:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item View Item