KONTRIBUSI MEDITASI BAGI PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Lapangan di Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara Yogyakarta)

SU'AIB AHMAD, NIM. 01410704 (2005) KONTRIBUSI MEDITASI BAGI PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Lapangan di Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI MEDITASI BAGI PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Lapangan di Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI MEDITASI BAGI PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Lapangan di Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan jalan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan tehnik sampling purposive, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dari 40 responden, penulis mengambil 10 orang yang dianggap dapat mewakili sebagai sampel. Analisa data dilakukan · dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan untuk selanjutnya ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data yaitu pemeriksaaan keabasahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data yang lain Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode yang dipergunakan dalam latihan pernafasan Sarria Nusantara adalah meditasi gerak yang mencakup unsur-unsur: a). Pengaturan nafas dengan cara menarik, menahan, dan mengeluarkan nafas secara teratur yang disertai dzikir "Laa Ilaa ha illallaah ", b) Gerakan jurus, yang mencakup jurus dasar sampai penjuru, dan c) Konsentrasi, dengan cara menenangkan pikiran untuk menuju pada relaksasi. 2) penerapan metode tersebut ternyata dapat memberikan sumbangan terhadap peningkatan spiritualitas seseorang yang mana hal tersebut dapat di cermati dengan adanya perul;>ahan pada kejiwaan seseorang yang berpengaruh pada tindakan diantaranya: .Jujur: 2dil, santun, rendah hati, mampu menahan dan mengendalikan diri, bertanggung jawab, Berjiwa sosial, memiliki kedekatan dengan Tuhan, ketenangan dan kedamaian batin yang tinggi dan mampu memaknai kehidupan ini sebagai suatu hal harus . dinikmati dan disyukuri. Kontribusi tersebut dapat diperoleh dipengaruhi oleh beberapa aspek yang mendukung antara lain: aspek fisik, mental. dan kedisiplinan. Dcngan fisik, melalui gerakan jurus siswa digembleng untuk menjadi diri yang tegar dan selalu bersemangat. Perubahan pada fisik akan berpengaruh pada mentalnya. Hal ini dapal terlihat pada kesesuaian antara gerak, nafas, dan dzikir. Kedua hal tersebut tidak akan mencapai hasil maksimal apabila tidak disertai dengan kedisiplinan dan kontinuitas dalam latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sukiman, S.Ag.,M.Pd. NIP.150282518
Uncontrolled Keywords: meditasi, kecerdasan spiritual, satria nusantara
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Jun 2017 13:16
Last Modified: 08 Jun 2017 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum