EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006

SULISTIYAWATI, NIM.01450591 (2005) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektivitas pen:ggunaan media multimedia berbantuan komputer melalui program Macromedia Authorware 6. 0 dalam meningkatkan minat dan hasil belajar biologi khususnya pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. 2) Mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbantuan kornputer melalui program Macromedia A uthorware pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain pretestpostest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Yogyakarta pada semester gasal tahun pelajaran 2005/2006. Sampcl penelitian adalah dua kelas, kelas VIIA sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIB sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sarnpel menggunakan telmik cluster random sampling. Analisis data meliputi analisis deskriptif persentase dan pengujian hipotesis. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk menganalisis data hasil belajar diskusi dan tanggapan siswa, diolah menggunakan SPSS 11.0 for Windows. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t. Sebelurn pengujian hipotesis dilakukan uji pendahuluan. Pengujian hipotesis dan uji pendahuluan diolah dengan mengg,unakan program komputer paket SPS 2000 edisi Sutrisno lladi dan Yuni Parmadiningsih. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Penggunaan multimedia berbantuan komputer efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar biologi khususnya pada pokok bahasan sistem pertumbuhan dan perkembangan pada manusia siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Y ogyakarta tahun pelajaran 2005/2006. (2) Tanggapan siswa terhadap multimedia berbantuan komputer yang berisi materi pokok bahasan sistem pertumbuhan dan perkembangan pada manusia cenderung positif, dilihat dari banyaknya siswa yang menyatakan persetujuannya dibanding dengan yang tidak menyetujui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Paidi, M.Si
Uncontrolled Keywords: efektivitas penggunaan multimedia berbantuan komputer, peningkatan hasil belajar, smp muhammadiyah i yogyakarta tahun ajaran 2005/2006
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Jun 2017 14:00
Last Modified: 08 Jun 2017 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum