KUALITAS PELAYANAN INTERNET BAGI PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2008 (STUDI TENTANG EFEKTIVITAS)

KUSAIRI - NIM. 04141884, (2009) KUALITAS PELAYANAN INTERNET BAGI PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2008 (STUDI TENTANG EFEKTIVITAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang efektivitas kualitas pelayanan internet ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kualitas pelayanan internet di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2008. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini, diambil empat informan untuk diwawancarai dengan menggunakan pencatatan sendiri dan menggunakan alat perekam suara MP4 Player. Untuk menganalisis data didasarkan pada teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah (1) Reduksi data (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan internet bagi pengguna di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2008 cukup efektif, dengan dasar sebagai berikut: (a) tangible atau ketampakan fisik dinilai cukup baik seperti kondisi ruangan yang nyaman, penataan meja dan komputer, fasilitas, kesiapan, dan penampilan petugas. Informan menginginkan adanya penambahan jumlah komputer dan fasilitas pendukung lainnya; (b) reliability atau reliabilitas dinilai cukup baik dari segi prosedur pelayanan internet, kemampuan komputer, dan tingkat kecepatan koneksi internet. Informan juga pernah mengalami masalah dengan komputer dan koneksi internet, namun hal tersebut jarang terjadi. Sedangkan untuk waktu akses internet dan ketepatan waktu pelayanan dinilai masih kurang; (c) responsiveness atau responsivitas, tingkat keresposifan dan tanggung jawab petugas dalam menyelenggarakan pelayanan dan menolong pengguna yang mengalami masalah dinilai sudah baik; (d) assurance atau kepastian, kemampuan petugas dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan juga dinilai sudah baik; dan (e) empathy atau empati dinilai dari segi perlakuan atau perhatian secara pribadi cukup baik. Meskipun ada informan yang pernah diperlakukan kurang baik tapi hal itu dapat dimaklumi dan jarang sekali terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: #CONTRIBUTOR#
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, kualitas pelayanan, pelayanan internet, UIN Sunan Kalijaga.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item