USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP MA'ARIF IMOGIRI

USWATUN HASANAH, NIM.00410184 (2005) USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP MA'ARIF IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP MA'ARIF IMOGIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP MA'ARIF IMOGIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Ma'arif Imogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pem~riksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu der.tgan menggunakan metode ganda dan sumber ganda. Hasil penelitian menunjukan: Usaha guru Pendidikan Agama untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar: 1 ). Menertibkan pelaksanaan proses belajar mengajar dengan membuat peraturan-peraturan, diantaranya tidak boleh keluar bermain diluar kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung, siswa dilarang pulang sebelum bel akhir berbunyi. Selain itu juga memberi hukuman yang mendidik dan memberi hadiah 2). Mengadakan kegiatan ekstra kurikuler dengan memberi pelajaran tambahan pendidikan agama islam. 3). Mengupayakan menambah buku-buku agama serta menggunakan alat peraga untuk menyampaikan materi dan alat peraga yang berupa bahan bacaan atau cetakan yang dapat menunjang pelajaran tersebut. 4). Mengadakan jama'ah sholat dhuhur bersama serta menempel gambargambar dan tulisan-tulisan arab yang sifatnya mendidik. 5). Mengelola kelas dengan baik serta dalam menyampaikan meteri menggunakan berbagi macam metode mengajar. Hasil yang dicapai: 1). Ada kemajuan dari hasil belajar siswa berdasarkan nilai raport maupun dalam tingkah laku dari sebelumnya 2). Ada peningkatan motivasi dan minat siswa terhadap materi pelajaran serta kektifan siswa ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung 3). Hubungan interaktif antara guru dan siswa dapat terjalin dengan baik 4). Dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler, semua materi pelajaran dapat semuanya disampaikan. 5). Ada peningkatan kedisiplinan dari siswa, baik kehadirannya disekolah maupun dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd. NIP.150241785
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 09 Jun 2017 15:02
Last Modified: 09 Jun 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum