PENGARUH PENGUMUMAN PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERHADAP SAHAM YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

AM ABDUL KHARIS, NIM. 01391123 (2005) PENGARUH PENGUMUMAN PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERHADAP SAHAM YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUMUMAN PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERHADAP SAHAM YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB I, V, DP.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUMUMAN PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERHADAP SAHAM YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya perbankan syari'ah dalam dunia bisnis di Indonesia, maka berkembang pula wacana tentang pasar modal yang berlandaskan pri.nsip-prinsip syari'at islam. Pasar modal syari.'ah muncul sebagai jawaban atas kekhawatiran terhadap transaksi yang tidak sesuai syar'i. Pasar modal syari.ab ini bertujuan untuk menghilangkan praktik tidak halal yang selan1a ini tetjadi di pasru· modal. Sehingga Wltuk melancarkan berbagai aktivitas muamalah di pa r modal maka lahirlah Jakarta Islamic Index yang mempakan indeks altematif bagi pengusaha muslim yang ingin melakukan investasi di pasar modal dan terhindar dari lmsur riba serta praktik - praktik yang dilara11g oleh syar'i. Jakarta Islatnic Index (JTl) sebagai indeks saham yang yang menjadi benchmark (tolok ukur) saham halal di Indonesia bertujuan untuk mengukur kinerja suatu investasi . Penelitian ini bertujuan untuk menganali sis pengaruh pengwnuman pemilu presiden dat1 wakil presiden tahun 2004 terhadap saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index dengan menggunakan parameter A bnonnal Return dan Tradin Volume Activity. Pennasalahatt lain adalab apakah terdapat perbedaan aktivitas volmne perdagangan (TVA) sabam yrutg listing di Jakarta islamic Index antara sebelum dan setelal1 pengwnmnat1 pemilu tersebut. Dalam penelitiatt ini digm1akan sampel berupa 30 sal1atn yang masuk dalam perhitungan Jakarta islamic Index selan1a periode pengrunatan . Periode pengamatan yang digunakan adalal1 selama 62 hari perdagangan , terdiri dari 49 hari pertode estimasi, 6 hari. pre event , 1 hari event date dan 6 hari post event. Teknik pengmnpulan data ya11g digtu1akan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposiv e sampling, yaitu teknik pengmnpulan data dengan tujuan tertentu. Tujuan tertentu disini adalal1 bahwa hanya ada 30 pemsahaan yang masuk Jakarta islamic Index untuk setiap enam bulannya, dan hanya ada beberapa perusahaan yang secara konsisten berada di Jakarta Islamic Index 1mtuk waktu yang lama. Adapun tehnik analisa data meng!:,'llllakan Uji beda dua rata-rata Paired Sample T-test. Hipotesis yang diajuka11 dalam penelitian ini adalal1 pertama , pengumuman pemilu presiden dan waki l presiden memberikan abnonnal return bagi investor. Kedua, terdapat perbedaan rata-rata AR dan TVA antara sebelwn dan setelah pengumuman .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DRS. IBNU QIZAM, S.E. AKT., M.SI.
Uncontrolled Keywords: saham listing,pengumuman pemilu presiden
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jun 2017 14:16
Last Modified: 13 Jun 2017 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25513

Actions (login required)

View Item View Item