PERAN ORANG TUA MUSLIM DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI DESA KARANGWARU KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN

WINA RUSMATIKA ZAIN, NIM. 00410470 (2005) PERAN ORANG TUA MUSLIM DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI DESA KARANGWARU KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA IVHJSLIJ\TL DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI DESA KARANGWARU KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN)
BAB II, III.pdf - Published Version

Download (218MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA IVHJSLIJ\TL DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI DESA KARANGWARU KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN)
BAB. I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317MB)

Abstract

Penelitian m1 bertujuan untuk mengetahui cara keluarga dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak di Desa Karangwaru Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen, Hasil yang dicapai keluarga dalam menumbuhkan kecerdasan emosi serta faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak. Hasil penelitian ini diharapkan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya yang menyangkut kecerdasan emosi dan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi orang tua untuk menumbuhkan kecerdasan emosi anak khususnya keluarga orang tua di Desa Karangwaru Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil Jatar di Desa Karangwaru Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Pent,rumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Anahsa data yang berhasil dikumpulkan, dan dari analisa data itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Cara orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak adalah: (a) Menyadari emosi anak, (b) Mengakui emosi anak, (c) Mendengarkan dengan empati, (d) Membantu anak untuk memberikan nama emosi, dan (e) Membantu anak dalam pemecahan masalah; 2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak: (a) Adanya hubw1gan yang harmonis antara anak dan orang tua, (b) Adanya kesadaran dan kesabaran yang tinggi yang dimiliki orang tua, (c) Adanya minat dan semangat yang tinggi dari orang tua, (d) Adanya pedoman dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak, (e) Kepribadian yang dimiliki orang tua, (f) Kondisi lingkungan yang kondusif, (g) Variasi dan pemilihan metode. Adapun faktor penghambat dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak adalah: (a) Terbatasnya waktu yang dimiliki orang tua, (b) Kondisi psi kologi orang tua saat anak merasakan emosi negatif, (c) Perkembangan anak yang belum stabil, (d) Kerjasama orang tua dan anak; 3) Basil yang dicapai orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosi anak adalah (a) Anak memberi maaf jika ada temanya berbuat kesalahan, (b) Anak merasa senag saat bermain dengan teman-temanya, (c) Anak memiliki tata krama, (d) Anak memiliki sifat itsar, (e) Anak memiliki ketrampilan bergabung dalam kelompok, (f) Anak terampil dalam membujuk teman-temanya, (g) Anak memiliki kepekaan emosional yamg tinggi, (h) Anak ampu embaca situasi dan jaringan sosial, (i) Anak memiliki ketrampilan beinteraksi dengan orang lain, (j) Anak memiliki semangat yang tinggi dalam nemperj uangkan sa saran yang dikhendakinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. lchsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: peran orang tua muslim, menumbuhkan kecerdasan emosi anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jun 2017 09:52
Last Modified: 14 Jun 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum