IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN PRAMBANAN KLATEN

NUR HIJRIATI, NIM.02421369 (2006) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN PRAMBANAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

NUR HIJRIATI. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTsN Prambanan Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru dan siswa dalam implementasi Kurikilum Berbasis Kompetensi, Bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab berbasis kompetensi pada siswa MTsN Prambanan Klaten, dan bagaimana hasil pembelajaran Bahasa Arab pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII, guru Bahasa Arab, dan kepala madrasah.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kesiapan guru Bahasa Arab MTsN Prambanan Klaten dalam mengajar di kelas belum sepenuhnya siap hal ini tergambar dari ketika guru merespon siswa yang ramai dengan marah. Situasi seperti ini menunjukkan bahwa guru belum siap menghadapi murid, karena seorang guru yang memiliki kesiapan ketika ia mampu merespon siswa yang beraneka ragam dengan bijak, baik metode yang digunakan mapun pengelolaan kelas yang diperbaharui. Sementara kesiapan siswa adalah siap hal ini bisa dilihat dari prilaku mereka dalam menjalani pembelajaran yang berlangsung bahwa mereka enjoy melaksanakan pembelajaran yang berbeda, karena semenjak diberlakukannya KBK siswa langsung diperkenalkan dengan pembelajaran model KBK secara bertahap sehingga dalam perjalanannya peserta didik terlihat biasa. 2) Proses pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Prambanan Klaten belum sepenuhnya menggunakan KBK yakni metode yang digunakan masih menggunakan model 1994 seperti ceramah, menghafal, membaca dll. Sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar di MTsN Prambanan Klaten adalah buku pelajaran (buku paket), LKS, papan tulis, dan kapur tulis. 3) Hasil pembelajaran Bahasa Arab pada ranah kognitif adalah: kelas VII dengan nilai rata-rata tertinggi ujian akhir semester adalah 62,64 kategori nilai huruf C. Kelas VIII dengan nilai rata-rata ujian akhir semester adalah 59,16 kategori nilai huruf C-, ini membuktikan bahwa pengetahuan siswa MTsN Prambanan Klaten tentang Bahasa Arab masih sangat minim. Hasil pembelajaran Bahasa Arab pada ranah afektif adalah berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Arab serta peserta didik mengatakan bahwa pelajaran Bahasa Arab adalah salah satu pelajaran yang kurang diminati, sedangkan data angket mengatakan 75,8% peserta didik menyukai dan senang terhadap Bahasa Arab. Dan basil pembelajaran Bahasa Arab pada ranah psikomotorik bclum ada baik dari segi aplikasinya di lapangan maupun produk atau karya yang dihasilkan pesena didik helum ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Radjasa Mu'tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI, BAHASA ARAB
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 Jun 2017 08:29
Last Modified: 16 Jun 2017 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25558

Actions (login required)

View Item View Item