EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRETES DAN POSTES PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Novita Mulyani NIM: 02461059, (2009) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRETES DAN POSTES PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRETES DAN POSTES PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRETES DAN POSTES PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil prestasi belajar siswa dan mengetahui mana yang lebih efektif antara model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan pemberian pretes dan postes dengan model pembelajaran CTL tanpa pemberian pretes dan postes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, bersifat komparatif yaitu membandingkan model pembelajaran CTL dengan perlakuan pretes dan postes dan model pembelajaran CTL tanpa pretes dan postes terhadap prestasi belajar fisika khususnya pada pokok bahasan cahaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs Syarif Hidayah Doro Pekalongan Jawa Tengah tahun ajaran 2006/2007 yang mengikuti mata pelajaran fisika pokok bahasan cahaya. Sampel penelitian adalah 2 kelas, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap instrumen. Analisis data meliputi pengujian normalitas, homogenitas, hipotesis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil prestasi yang signifikan antara siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan potes dengan siswa yang tanpa pemberian pretes dan potes. hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan anova satu jalan yaitu Fhit 13.794 Ft,5% 3.99. (2) Penggunaan model pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan potes lebih baik dalam meningkatkan prestasi belajar fisika hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji t menghasilkan thit 2,6850818 ttab 2,000. (3) Tanggapan dan minat siswa mampu memprediksi terhadap prestasi belajar fisika siswa hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan analisis regresi menghasilkan Fhit 7,945 Ft5% 3,14 . (4) Siswa memberikan tanggapan positif sebesar 61,117% terhadap penggunaan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fisika pokok bahasan cahaya, hal ini ditunjukan dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik setelah mengikuti pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan postes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran CTL, pretes postes, dan prestasi belajar.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 Aug 2012 10:39
Last Modified: 07 Dec 2016 06:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item