KINERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN SATUAN DAN PENGUKURAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN BERRAGAI KOMPONEN PRASYARAT PADA KELAS UNGGULAN SISWA KELAS VII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2005/2006 DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

USWATUN CHASANAH, NIM.00460196 (2006) KINERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN SATUAN DAN PENGUKURAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN BERRAGAI KOMPONEN PRASYARAT PADA KELAS UNGGULAN SISWA KELAS VII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2005/2006 DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DP.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kinerja siswa pada pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Besaran Satuan dan Pengukuran dalam hubungannya dengan berbagai komponen prasyarat kelas unggulan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Populasi dan sekaligus sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A1 Program kelas unggulan SMP Muhamrnadiyah 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2005/2006,sehingga disebut penelitian populasi dengan menetapkan 31 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data hasil tes IQ dan nilai raport SD, tes prestasi belajar siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memecahkan soal-soal materi Besaran Satuan dan Pengukuran, angket untuk memperoleh data tentang faktor ekstern siswa serta obsevasi di laboratorium untuk mengetahui kinerja siswa dalam menggunakan dan menerapkan alat-alat ukur dalam besaran Fisika. Instrumen prestasi belajar mempunyai keandalan sebesar 0,95 dan angket sebesar 0,93. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analis regresi ganda lima prediktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1) SPM (kemampuan berfikir abstrak, numerik, verbal dan bahasa) berperan sebagai prediktor yang baik bagi kinerja siswa, 2) CFIT (kemampuan berfikir logika) berperan sebagi prediktor yang baik bagi kinerja siswa, 3) nilai raport SD berperan sebagai prediktor yang baik bagi kinerja siswa, 4) Faktor ekstem siswa berperan sebagai prediktor yang baik bagi kinerja siswa, 5) Tes prestasi belajar berperan sebagai prediktor yang baik bagi kinerja siswa Dari hasil perhitungan regresi ganda lima preditor didapatkan F hit > F tabel = 3,372 > 2,60 sehingga dapat disimpulkan bahwa : I) SPM memberikan sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa, 2) CFIT memberikan sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa, 3) Nilai raport SD memberikan sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa, 4) faktor eksternsiswa belajar memberikan sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa, dan 5) Tes prestasi memberikan sumbangan yang signifikan pada kinerja siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Drs. Suparwoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: KINERJA SISWA, PEMBELAJARAN FISIKA, BESARAN SATUAN DAN PENGUKURAN
Subjects: Fisika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 16 Jun 2017 10:16
Last Modified: 16 Jun 2017 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum