KESULITAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA II

RAJENAH, NIM.01420887 (2006) KESULITAN BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuun untuk mengungkap pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta II serta untuk mengungkap problematika yang di hadapi dalam proses belajar mengajar bahasa Arab. Problem itu adalah dilatarbelakangi oleh adanya pendidikan siswa yang heterogen, kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran bahasa Arab, dan frekuensi siswa dalam membaca buku-buku pengetahuan bahasa Arab yang relatif rendah. Selain itu kurangnya alokasi waktu yang disediakan juga merupakan problem sentral. Penelitian ini mcrupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengun mendeskripsikan data dalam bentuk uraian kata-kata serta menganalisisnya dengan menggunakan pendekatan logika induktif dan logika deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi belajar bahasa Arab siswa kelas II MAN Yogyakarta II berada pada kategori menurun. Seperti kurang mcnguasai sccara aktif dan pasif dalam berbicara bahasa Arab, perbendaharaan kata bahasa Arab serta ungkapan dalam berbagai bentuk kata, dan pola kalimat, di samping sebagai dasar untuk memahami buku- buku bahasa Arab, Al-Quran dan Al-Hadits. (2) Metode yang digunakan dalam penyampaian materi bahasa Arab adalah metode ceramah, metode diskusi, metode drill/pemberian tugas dan metode tanya jawab. (3) Problematika pengajaran bahasa Arab yang di hadapi dari pihak guru tidak semua guru bahasa Arab menguasai Al-Maharat AI-Arba'ah (empat kemampuan yaitu: membaca, menulis, mendengar dan berbicara) sehingga pengajarannya kurang optimal. ( 4) Usaha mengatasi problematika pengajaran bahasa Arab tersebut: dengan memberikan siswa motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar terutama dalam pelajaran bahasa Arab, pembiasaan memberikan tugas bahasa Arab pada siswa, dan mengarahkan kepada siswa untuk mengadakan kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Janan Asifuddin, M.A
Subjects: Bahasa Arab
BAHASA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2017 01:09
Last Modified: 22 Jun 2017 01:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25629

Actions (login required)

View Item View Item