PEMBELAJARAN PAI TERPADU DI SD ISLAM INTERNASIONAL NURUL MUSTHOFA JUWIRING KLATEN

SITI AFIFAH ISMI, NIM. 02411382 (2006) PEMBELAJARAN PAI TERPADU DI SD ISLAM INTERNASIONAL NURUL MUSTHOFA JUWIRING KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

SITI AFIFAH ISMI. Pembelajaran PAl Terpadu di SD Islam Internasional Nurul Musthofa Juwiring Klaten, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil pembelajaran PAI Terpadu di SDII Nurul Musthofa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada SDII Nurul Musthofa dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDII Nurul Musthofa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data atau penyederhanaan data mentah yang dihasilkan di lapangan, kemudian menyajikan data dari penyusunan data informasi sehingga menungkinkan adanya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Pembelajaran PAl terpadu di SDII Nurul Musthofa dilaksanakan secara lntegratif atau terpadu dalam aspek kurikulum yang bersifat kuantitatif yang berarti ada keseimbangan antara porsi pendidikan umum dan agama, yaitu memadukan kurikulum Depdiknas, Depag, Pesantren, dan khusus Muatan Lokal (MULOK). Sedangkan dalam pengertian kualitatif dilaksanakan dengan adanya PAI yang dikaitkan dengan konteks kehidupan alam dan pendidikan umum yang disampaikan dalam bingkai nilai-nilai islam. aspek belajar-mengajar. yaitu memadukan secara utuh ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan menggunakan berbagai pendekatan, baik metode maupun sarana belajar, selain telah terstruktur dalam mata pelajaran yang telah dikategorikan mencakup tiga potensi tersebut. Pada aspek peran serta, SDII Nurul Musthofa mewujudkan kerjasama melalui IPGO, buku komunikasi, program pengembangan bakat, minat dan keterampilan siswa, serta komite sekolah sebagai wujud keterlibatan dan keterpaduan pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat kaitannya dengan pembelajaran PAl. 2. Hasil pembelajaran PAl terpadu dapat diketahui dari perpaduan antara kurikulum berwawasan nasional dan internasional, sesuai dengan motto "Go International With Tauhid, Taqwa, Science and Language", sehingga peserta didik tumbuh menjadi generasi Qur'ani yang memiliki bekal ilmu pengetahuan dan teknologi serta peserta didik dapat menguasai kosakata bahasa Inggris dan Arab setiap hari di program rutin. Mereka terbiasa menggunakan percakapan sehari-hari yang umum, sehingga dilihat dari penggunaan bahasa dapat dikatakan mampu menguasai Vocab secara bagus. Hasil pembelajaran PAI dapat dilihat dari tingkat penguasaan suatu kompetensi materi yang di pelajari di kelas maupun pada program rutin sehingga pengembangan keseimbangan IQ, EQ dan SQ dapat tercapai. Hal itu didukung pemantauan kondisi pendidikan Islami peserta didik di Sekolah disamping kerjasama orangtua siswa di lingkungan keluarga, sehingga peserta didik terbiasa berakhlak terpuji yang dapat dilihat pada lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, PAI, SD
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Jun 2017 09:17
Last Modified: 22 Jun 2017 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum