KESIAPAN GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN KIMIA ( STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III)

ABD AZIZ, NIM. 98454035 (2004) KESIAPAN GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN KIMIA ( STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN KIMIA ( STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KESIAPAN GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN KIMIA ( STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Aiiyah Negeri Yogyakarta III. Tujuan peneliLian ini untuk (]) mengetahui T'ngkal kesiapan guru mata pelajaran kimia. maksudnya adalah ingkat kesiapan guru mata pelajaran kimia untuk menerapkan konsep kurikulum berbasis kompetensi kimia ditinjau dari aspek kompetensi pribadi, kompetensi professional, Kompetensi sosia! dan kompetensi antisipatif terhadap perubahan zaman serta tingkat pengetahuan terhadap KBK, dan (2) lingkat kesiapan siswa, maksudnya adalah tingkat kesiapan siswa dalam mempersiapkan diri dan menjalani proses belajar mengajar khususnya bidang studi kimia dengan melihat aspek psikologis melalui penguasaan materi, minat dan motivasi belajar kimia, Populasi penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas I MAN Yogyakarta III dengan jumlah siswa 174 . Sebagai sampel diambil dua kclas dari enam kelas yaitu kelas IA 28 siswa dan kelas ID 30 siswa. Data dikumpulkan dengan angket minat dan motivasi belajar kimia dan lest prestasi belajar kimia. Sedangkan untuk guru menggunakan angket kompetensi..Selanjutnya data yang diperoleh ditabulasikan ke dalam kolom kesiapan guru dan siswa sesuai dengan skor yang didapat ke dalani rentangan prosentase tingkat kesiapannya. Berdasarkan hasil analisis di dapatkan tingkat kesiapan guru adalah 67,5 %adalah siap, Sedangkan tingkat kesiapan siswa dilihat dari data minat dan motivasi belajamya rata-rata 72,5% adalah siap dan di lihal dari prestasi belajamya adalah rata-tata 52,5% adalah kurang siap. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa (ingkat kesiapan guru adalah siap. Sedangkan tingkat kesiapan siswa dilihat dari minat dan motivasi belajar adalah siap, sedangkan dari prestasi belajar kimianya adalah kurang siap. Bertolak dari korelasi antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan kecuali untuk satu kelas saja. Maka perlu digali dan di kembangkan faktor lain yang dapat meningkatkan prestasi belajar kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hanaswasti. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kompetensi pribadi, kompetensi professional, Kompetensi sosia! dan kompetensi antisipatif
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Jun 2017 02:46
Last Modified: 22 Jun 2017 02:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25635

Actions (login required)

View Item View Item