METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI PADA MATA PELAJARAN PAI DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MASJID BAITUL MAKMUR JETIS YOGYAKARTA

SITI AISYAH, NIM.01410610 (2006) METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI PADA MATA PELAJARAN PAI DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MASJID BAITUL MAKMUR JETIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

SITI AISYAH. Metode Bermain Cerita dan Menyanyi Pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Diniyah Awaliyah Masjid Baitul Makmur Jetis Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses pendidikan dan pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Masjid Baitul Makmur, mengetahui jenis permainan, nyanyian dan cerita yang digunakan serta mengungkapkan efektivitas dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Berrnain Cerita dan Menyanyi (BCM) di madrasah tersebut. Hal ini dikarenakan penulis tertarik akan proses pembelajaran di kelas hafalan yang berjalan cukup kondusif di mana jumlah santri dalam kelas tersebut terdiri dari 120 anak (yang mempunyai beragam kemampuan, dan tingkat pemahaman yang berbeda) dengan diberi materi PAI yang beragam dalam satu waktu oleh satu orang ustadz saja. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber penambah wawasan dan pengalaman dalam penerapan metode pembelajaran khususnya dalam pembelajaran anak-anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MDA Masjid Baitul Makmur Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyerap informasi/data sebanyak-banyaknya kemudian menelaah data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan-satuan, mengkategorikannya, memeriksa keabsahannya dan menafsirkannya. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menguraikan kategori-kategori data baik secara terpisah maupun mengkaitkan satu sama lain untuk memahami peristiwa tunggal ataupun konteksnya. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) dalam proses pembelajaran kelas hafalan di MDA Masjid Baitul Makmur dilaksanakan bergantian dalam materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yang beragam mulai dari Aqidah sampai Fiqh dalam satu waktu pembelajaran Namun, proses pergantian mata pelajaran dan penggunaan metode pembelajaran tersebut dilakukan secara langsung (tanpa jeda) karena ustadz yang mengampu kelas ini hanya satu orang saja. Dengan penerapan metode BCM dan metode lain yang bervariasi dalam kelas hafalan, santri merasa senang dan tidak cepat bosan dalam mengikuti pelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan tertib dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. (2) Jenis permainan, cerita dan nyanyian yang digunakan dalam proses pembelajaran kelas hafalan di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Masjid Baitul Makmur Yogyakarta ini ialah jenis permainan yang bersifat kompetitif seperti perbandingan kelompok, dan kuis atau cerdas cermat kelompok. Kemudian jenis cerita yang diberikan ialah jenis cerita keteladanan yang sesuai dengan kurikulum. Sedangkan jenis nyanyian yang digunakan ialah jenis nyanyian yang merupakan gubahan lagu-lagu yang telah dikenal dalam kehidupan sehari-hari seperti lagu-lagu sholawat, lagu lndung-indung dan Cing Cangkeling. (3) Metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi merupakan metode yang efektif digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar para santri dalam kelas hafalan di MDA Masjid Baitul Makmur Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: METODE BERMAIN, CERITA, MENYANYI,MADRASAH DINIYAH
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Jun 2017 09:54
Last Modified: 22 Jun 2017 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum