PERANAN LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (LP2M) PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM DI DESA NGALANG GEDANGSARI

SRI ENDAH KURNIAWATI, NIM. 01410824 (2006) PERANAN LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (LP2M) PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM DI DESA NGALANG GEDANGSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (LP2M) PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM DI DESA NGALANG GEDANGSARI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERANAN LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (LP2M) PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM DI DESA NGALANG GEDANGSARI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peranan LP2M Pondok Pesantren Nurul Ummah dalam pembinaan agama Islam di Desa Ngalang Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan untuk menambah khasanah keilmuan pendidikan Islam yang berkaitan dengan peranan Lembaga Sosial dalam melaksanakan pembinaan agama Islam di lingkungan masyarakat Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Desa Ngalang Gedangsari kabupaten Gunung Kidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimipulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi dengan dua modus yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LP2M Pondok Pesantren Nurul Ummah dalam rangka pembinaan agama Islam di desa Ngalang Gedangsari kabupaten Gunung Kidul memiliki beberapa peranan. Diantaranya : Pertama, sebagai sarana dalam pensgembangan potensi dan pemberdayaan ummat melalui pendidikan dan dakwah Islamiyah. Sehungga LP2M Pondok Pesantren Nurul Ummah merupakan alat atau instrumen dan fasilitator dalam melaksanakan pembinaan agama Islam di Desa Ngalang. Kedua, sebagai mobilisalor masyarakat desa bina menuju perkembangan yang lebih baik, melalui transformasi nilai-nilai Islam terutama dalam memperbaiki akhlak dan budi pekerti yang luhur. Ketiga, berperan dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas sumber daya manusia yang berguna bagi nusa. bangsa dan agama, melalui pengembangan potensi pada masyarakat desa bina. Keempat, berperan sebagai agen perubahan sosial yang selalu melakukan pembebasan pada masyarakat dari segala keburulrnn moral dan pemiskinan ilmu pengetahuan melalui transformasi nilai-nilai keislaman. Kelima, Dengan berbagai peran yang dimiliki LP2M dalam melaksanakan pembinaan agama di Desa Ngalang, lembaga ini tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan keagamaan namun juga sebagai pusat pengembangan masyarakat. Dengan demikian LP2M berperan sebagai Center Of Exellence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag NIP.150266731
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Jun 2017 10:37
Last Modified: 22 Jun 2017 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum