PERAN MUHADLOROH DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUBTADI’IN PATI JAWA TENGAH

AGUS PRIYANTO, NIM. 97473711 (2005) PERAN MUHADLOROH DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUBTADI’IN PATI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MUHADLOROH DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUBTADI’IN PATI JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PERAN MUHADLOROH DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUBTADI’IN PATI JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penguasaan materi dalam sebuah lembaga pendidikan adalah satu hal yang dianggap penting, karena disitu terdapat indikasi keberhasilan satu lembaga pendidikan dalam pembelajaran. Peserta didik dianggap berhasil jika mengusai materi pelajaran, dengan adanya indikasi prestasi yang bagus (baca: nilai pelajaran). Hal seperti itu hanya mencerminkan sisi kognitifnya saja, sedang pendidikan afektif dan psikomotoriknya adalah hal yang tidak boleh dilupakan dalam pendidikan. Maka dari itu skripsi yang berjudul "Peran Muhadloroh Dalam Pengembangan llmu Pengetahuan Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadi’in Pati Jawa tengah" Penulis mengkaji sistem pembelajaran dari kegiatan muhadloroh baik dari konsepsinya, maupun peran dan fungsi muhadloroh bagi santri. Penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dalam menganalisa data penulis menggunakan metode deskriptif analis. Dengan pendekatan phenomenologis. Menurut Noeng Muhajir pendekatan model ini bertujuan untuk berfikir reflektif disamping logika induktif dan deduktif serta logika materiil probabilistik. Pendekatan ini bukan hanya menampilkan teori dan konsep yang berisi anjuran atau imperatif melainkan mengangkat makna etika dalam berteori dan berkonsep. Dan tehnik yang digunakan adalah purpose sampling dengan ciri: 1. sample tidak ditentukan lebih dulu, 2. pemilihan sample secara berurutan, 3. penyesuaian berkelanjutan dari sample, 4. Pemilihan berakhir jika sudah terjadi pengulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Arifu M.Ag
Uncontrolled Keywords: Muhadloroh
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 10:51
Last Modified: 22 Jun 2017 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum