PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI

M. FAHRUDIN BIRULWALIDAEN, NIM. 01460630 (2006) PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan tata surya setelah adanya perlakuan. Perlakuan yang diberikan kepada siswa adalah pembelajaran berbasis kompetensi dengan memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, clan dokumentasi. Sedangkan instrumennya adalah lembar observasi, angket minat siswa, materi pelajaran dalam bentuk program Power Point dan soal tes pengukur ranah kognitif. Penelitiaan dilakukan dalam dua kali perlakuan. Angket minat siswa diberikan pada awal dan akhir penelitian. Sementara itu setiap akhir perlakuan siswa diberikan soal tes kogniti.f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komputer pada pembelajaran berbasis kompetensi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika. Minat siswa meningkat sebesar 36,71 % ( 90 siswa meningkat dan 50 siswa tidak meningkat ). Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan kenaikan nilai rata-rata siswa, yaitu dari 61,78 meningkat menjadi 68,99 atau naik sebesar 11,67 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Supardi, M.Si NIM.132206562
Uncontrolled Keywords: minat siswa, prestasi belajar, media komputer
Subjects: Pendidikan Fisika
Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Jun 2017 11:09
Last Modified: 22 Jun 2017 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum