METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KORBAN NARKOBA (STUDI KASUS TERAPI DETOKSIFIKASI PONDOK PESANTREN METAL TOBAT CILACAP)

AHMAD SAFI’, NIM. 00410100 (2005) METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KORBAN NARKOBA (STUDI KASUS TERAPI DETOKSIFIKASI PONDOK PESANTREN METAL TOBAT CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KORBAN NARKOBA (STUDI KASUS TERAPI DETOKSIFIKASI PONDOK PESANTREN METAL TOBAT CILACAP))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KORBAN NARKOBA (STUDI KASUS TERAPI DETOKSIFIKASI PONDOK PESANTREN METAL TOBAT CILACAP))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Ahmad Safi1. Metode Pendidikan Agama Islam Bagi Korban Narkoba (Studi Kasus Terapi Detoksifikasi Pondok Pesantren Metal Tobat Cilacap). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah U1N Sun an Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang metode yang digunakan PP Metal Tobat bagi Korban narkoba, kendala-kendala yang dihadapi serta pada usaha-usaha pemantapan terapi dan taubat. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan altematif bagi pemerintah dalam upaya menanggulangi narkoba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar PP Metal Tobat Cilacap. Pengumpulan data dilakukan melalui para informan, observasi partisipan parsiil, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yng berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan modus, dengan mcnggunakan sumberganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) metode kompromis yang diterapkan adalah mentaubatkan orang-orang metal dan membina mereka dengan penanaman kesadaran beragama. Mentranformasikan ajaran-ajaran Sunan Kalijaga dalam kehidupan sehari-hari, prinsip terapi adalah berobat dan bertobat. Adapun untuk program pemantapan yaitu dengan berpuasa Dawud dan Istighosah. Tujuan dari puasa Dawud adalali membersihkan racun NAPZA yang ada dalam tubuh korban; Istighozah bertujuan untuk meminta pertolongan Alloh SWT untuk memperoleh kekuatan iman agar tidak lagi tergoda (rindu/ kangen) untuk mengkonsumsi narkoba.memori pasien diprogram dari narkoba ke Alloh; bila ingatan pasien selalu ke Alloh maka pasien akan sadar bahwa narkoba haram hukumnya. (2) Probletnatika kekambuhan karena beberapa sebab, diantaranya yaitu pasien kembali bergaul dengan teman-teman sesama pemakai narkoba, atau bandamya. Mereka selalu diincar oleh para bandar bahkan ada yang sampai beberapa kali pindah rumah selalu diikuti oleh para bandai seliingga mantan pecandu tersugesti untuk kembali mengkonsumsi narkoba. Kedua, Keluarga kurang bisa menciptakan kehidupan yang harmonis, Tenang dan tentram. Sehingga mantan pecandu mengalami stres dan frustasi. Dan akar permasalahan ini tidak lepas dari latar belakang keluarga mereka. (2) Usaha-usaha yang dilakukan Pembina Metal Tobat adalah membentuk forum silaturohmi dan konsultasi dengan keluarga Mantan Pecandu, mengadakan keijasama dengan pihak pemerintah khususnya pihak kepolisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs: H Abd. Shomad. MA
Uncontrolled Keywords: Terapi Detoksifikasi Pondok Pesantren Metal Tobat Cilacap
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 11:10
Last Modified: 22 Jun 2017 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25654

Actions (login required)

View Item View Item