PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SMALB TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB/C NEGERI PEMBINA TINGKAT PROPINSI D.I. YOGYAKARTA

YUNI FAIZATI WAHIDA, NIM.01410648 (2006) PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SMALB TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB/C NEGERI PEMBINA TINGKAT PROPINSI D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

YUNI FAIZATI WAHIDA. Problematika Proses Pembelajaran PAI Pada Siswa SMALB Tunagrahita Ringan di SLB/C Negeri Pembina Tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses pembelajaran PAI pada siswa SMALB tunagrahita ringan di SLB/ Negeri Pembina Tingkat Propinsi D.L Yogyakarta, problematika yang dihadapi dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya serta hasil yang didapat. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan kepada LB ada umumnya tentang upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SLB/C Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran pada siswa SMALB lunagrahita ringan lebih ditekankan pada ketrampilan praktis terkait dengan PAI lebih ditekankan pada kenampuan siswa bersuci, sholat, puasa, zakat, dan lain- lain. (2) Proses pembelajarannya bersifat menyesuaikan dengan kondisi siswa, baik dalam hal tujuan pembelajaran, materi pelajaran, metode mengajar dan evaluasi proses pembelajarannya. (3) problem yang dihadapi dalam proses pembelajarannya antara lain bobot materi pelajaran yang terlalu berat, waktu yang sangat sedikit, penggunaan media pendidian yang kurang beragam belum maksimalnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler agama, latar belakang keluarga , yang kurang mendukung proses pembelajaran PAI Siswa , kenakalan anak, status guru yang belum berpengalaman mengajar anak berkelainan, keluarga daan pada siswa, dan terutama ketunagrahitaan siswa. ( 4) Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memperpadat materi yang akan disampaikan kepada siswa, mengadakan kegiatan keagamaan tambahan seperti kegiatan peningkatan iman dan taqwa sebelum sholat dhuhur, menjalin komunikasi dengan orang tua/wali siswa melalui buku penghubung, menindak tegas siswa yang berbuat nakal dengan tetap memperhatikan psikologis siswa, guru sharring dengan sesama guru yang sudah berpengalaman atau guru pengampu PAI sebelumnya, sedikit memberikan perhatian ekstra yang masih dalam batas kewajaran kepada siswa yang menderita tuna ganda, dan selalu memperhatikan keadaan dan kebutuhan siswa baik dalam perumusan tujuan, pemilihan materi, pemilihan metode dan penyusunan evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sukiman, S.Ag, M.Pd.
Subjects: DIFABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2017 04:28
Last Modified: 22 Jun 2017 04:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25655

Actions (login required)

View Item View Item