PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

ARIF DARMAWAN, NIM. 01410588 (2005) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

ARIF DARMAWAN. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama Siswa SMK Karya Rini YHI KOWANi Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap toleransi antar umat beragama siswa dan menganalisis tentang peran PAl dalam menumbuhkan sikap toleransi aniar umat beragama siswa SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta serta materi apa yang dikaji di dalamnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan sumbangan untuk pendidikan agama islam, dalam mendidik siswa menuju kehidupan yang pluralis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan megadakan observasi/pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan diperkuat dengan penvebaran angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Khusus data melalui angket cara pengolahannya dijadikan bentuk prosentase. Kemudian memberikan makna untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Sikap toleransi antar umat beragama siswa SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta terlihat sangat kental dalam realitas interaksi di lingkungan sekolah, diantara sikap toleransi yang nampak adalab; (1) Mengakui, memahami perbedaan yang ada dan menghormat? keyakinan agama lain, (2) Menjalin hubungan persaudaraan dan menjaubi perselisihan, (3) Saling membantu atau tolong menolong, (4) Kooperatif atau saling bekerjasama dalam segala hal. Sikap demokrasi dan solidaritas yang tinggi antar siswa sangat melekat dalam did siswa. Kekeluargaan merupakan sikap yang dikedepankan dalam pergaulan, sebagai eontoh mereka saling kunjung mengunjungi dari rumah ke rumah tanpa membedakan keyakinan (agama) yang mereka anut. Kedua, Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang cukup besar dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa. Diantaranya sebagai sarana, pembimbing, pengarah, memberikan pemahaman dan sekaligus sebagai motivator dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta. Intepretasi siswa terhadap Pendidikan Agama Islam berdasarkan hasil pengolahan data membuktikan bahwa: (1) Dalam pembelajaran PAI, materi tentang toleransi yang dtsampaikan oleh Guru Agama Islam porsinya termasuk banyak, sehingga siswa pun memahami bahwa agama islam sangat mengedepankan sikap toleransi. (2) Siswa SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta menyadari bahwa PAJ dapat merubah dan memotivasi sikap/tingkah laku mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mahmud Arif'. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: SMK Karya Rini YHI KOWANI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 11:34
Last Modified: 22 Jun 2017 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum