UPAYA USTADZ/USTADZAH MENGATASI KEJENUHAN SANTRI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BACIRO

CHOMSATUN, NIM. 01410728 (2005) UPAYA USTADZ/USTADZAH MENGATASI KEJENUHAN SANTRI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BACIRO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA USTADZ/USTADZAH MENGATASI KEJENUHAN SANTRI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BACIRO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA USTADZ/USTADZAH MENGATASI KEJENUHAN SANTRI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN BACIRO)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

CHOMSATUN. Upaya Ustadz/ustadzah Mengatasi Kejenuhan Santri Dalam Mengikuti Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baciro. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang upaya-upaya yang dilakukan ustadz/ustadzah mengatasi kejenuhan santri dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an di TPA Baciro serta hasil yang dicapai dari upaya-upaya yang dilakukan ustadz/ustadzah. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk mengatasi kejenuhan yang dialami santri dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan analisa data kualitatif, dengan mengambil latar santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baciro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna ltulah ditarik kesimpulan Hasil penelitian menujukan: (1) kejenuhan santri dan kebosanan santri dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an di TPA Baciro berasal dari dua faktor, yaitu faktor internal dan ekstemal. Dari faktor internal, kejenuhan dan kebosanan yang dialami santri dikarenakan keletihan flsik dan keletihan mental yang diakibatkan dari aktifitas sekolah yang padat dan menyita banyak waktu santri. santri kurang istirahat, dan kurang bisa mengatasi kejunahan yang mereka hadapi. Faktor yang berasal dari luar yang menyebabkan kejenuhan santri berasal dari: keluarga yang kurang memperhatikan dan kurang mencurahkan kasih sayang mereka pada santri, tempat belajar santri yang kurang luas, sehingga santri kurang leluasa, metode yang yang dipakai ustadz/ustadzah kurang menarik santri dan terkesan monoton. (2) Upaya yang dilakukan ustadz/ustadzah dalam mengatasi kejenuhan santri diantaranya dengan menerapkan metode-metode yang lebih variatif, seperti: metode karya wisata, metode eksperimen atau praktek, metode bermain, menyanyi, cerita, bedah film Islami, tepuk, tangan, menggambar dan mewamai. (3) Hasil yang dicapai dari penerapan-penerapan metode tersebut temyata sangat bagus dan berhasil, hal ini terlihat dari semakin rajinnya para santri berangkat ke TPA, santri lebih serius mengikuti pembelajaran yang dilakukan ustadz/ustadzah, santri terlihat lebih santai dan senang dalam mengikuti pembelajaran, sehingga santri tidak lagi menganggap belajar Al-Qur’an itu sebagai beban, tetapi sebagai kegiatan yang lebih menyenangkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Taman Pendidikan Al-Qur’an Baciro
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 12:48
Last Modified: 22 Jun 2017 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum