HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI EFIKASIDIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH I WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2004/2005

DEWI PUJI LESTARI, NIM. 00430387 (2005) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI EFIKASIDIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH I WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI EFIKASIDIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH I WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2004/2005)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI EFIKASIDIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH I WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2004/2005)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi efikasi diri, kemandirian belajar, dan iingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Wonosari tahun pelajaran 2004/2005. Popuiasi dal am penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 230 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dari 6 kelas yang terdiri dari 5 kelas akuntansi dan 1 kelas tata boga yaitu 2 kelas Akutansi 1 dan Akutansi 4 yang bejumlah 77 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 4 instramen, yaitu: instrumen tes persepsi efikasi diri sebanyak 8 butir bagian pertama, 20 butir bagian kedua, dan 6 butir bagian ketiga, yaitu 31 butir sahih secara keseluruhan dengan koefisien reliabilitas 0,964, instrumen angket kemandirian belajar sebanyak 25 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,934, instrumen angket Iingkungan belajar sebanyak 26 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,944, dan untuk tes prestasi belajar matematika sebanyak 20 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,841. Hasi 1 penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi efikasi diri dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi rxiy = 0,728. Dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada popuiasi di mana sampel tersebut diambil, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi rX2y = 0,531. Dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada popuiasi di mana sampel tersebut diambil, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Iingkungan belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi rx3y = 0,586. Dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada popuiasi di mana sampel tersebut diambil, (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi efikasi diri, kemandirian belajar, dan Iingkungan belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,791. Dan koefisien tersebut dapat diberlakukan pada popuiasi di mana sampel tersebut diambil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: persepsi, kemandirian, Iingkungan, prestasi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Jun 2017 06:00
Last Modified: 22 Jun 2017 06:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25667

Actions (login required)

View Item View Item