PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI LUAR PESANTREN DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL

DEWO RAMAWIJAYA, NIM. 02411281-01 (2006) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI LUAR PESANTREN DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI LUAR PESANTREN DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI LUAR PESANTREN DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

DEWO RAMAWIJAYA. Perbedaan Prestasi Belajar PAI antara Siswa MAN Wonokromo Pleret Bantul yang tinggal di Pesantren dan di luar Pesantren. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan prestasi belajar PAI yang signifikan antara siswa yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren di MAN Wonokromo Pleret Bantul, serta upaya dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan masukan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI dan merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terkait dengan siswa MAN Wonokromo Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan purposif random sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MAN Wonokromo Bantul semester I tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 166 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui uji tes t dari nilai leger siswa. Uji tes t digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar PAI yang signifikan antara siswa yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Prestasi belajar PAI siswa yang tinggal di pesantren lebih baik dari siswa yang tinggal di luar pesantren dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 75,047. 2). Prestasi belajar PAI siswa yang tinggal di luar pesantren tidak lebih baik dari siswa yang tinggal di pesantren dengan nilai rata-rata sebesar 69,641. 3). Upaya-upaya dalam mensikapi dan meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MAN Wonokromo dapat dilakukan melalui pendekatan sistem, upaya-upaya tersebut meliputi analisis keadaan siswa (raw input), melaksanakan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat, melaksanakan pelajaran tambahan, bekerjasama dengan pondok pesantren dan orang tua siswa/keluarga, serta melaksanakan evaluasi berkala terhadap metode, pendekatan dan proses pendidikan. 4). Terdapat perbedaan prestasi belajar PAI yang signifikan, antara siswa MAN Wonokromo Pleret Bantul kelas XI semester I tahun ajaran 2005-2006 yang tinggal di pesantren dan di luar pesantren, dengan perhitungan yaitu t0 = 4,725 adalah lebih besar daripada t[ (baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% pada df 150).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MAN Wonokromo Pleret Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 13:04
Last Modified: 22 Jun 2017 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum