ANDANGAN SARJANA UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MITONI STUDI KASUS DI DESA GADINGSARI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

EFA NUSANTARI, NIM. 01410763 (2005) ANDANGAN SARJANA UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MITONI STUDI KASUS DI DESA GADINGSARI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANDANGAN SARJANA UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MITONI STUDI KASUS DI DESA GADINGSARI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ANDANGAN SARJANA UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI MITONI STUDI KASUS DI DESA GADINGSARI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

EFA NUSANTARI Pandangan Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Terhadap Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Mitoni. Skripsi.Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005 Penelilian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pandangan sarjana dalam interaksinya di masyarakat berkaitan dengan tradisi mitoni dan menganalisa nilai pendidikan Islam yang terkadnung dalam tradisi mitoni. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan argumentasi pandangan para sarjana yang memiliki back ground pendidikan tinggi agama dan sebagi pertimbangan kepada masyarakat dalam berinteraksi dengan tradisi Jawa yang masih berkembang di lingkungannya serta bagi dunia pendidikan dapat menjadi masukan bahwa perlunya interaksi antar agama dan budaya yang akan berdampak positif dalam menilai serta mensikapi berbagai hal yang ada di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar desa Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data bersifat diskriptif dengan mengacu pada pendekatan budaya. Pemerikasan keabsahan data dilakukan dengan mengadaan trianggulasi data untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data yang lain. Hasil penelitian menunjukkan ; 1) Adanya heterogenitas cara pandang para sarjana UIN Sunan Kalijaga di Gadingsari terhadap pendidikan Islam ynag terdapat dalam tradisi mitoni. 2) Tradisi mitoni yang masih berkembang dapat dijadikan sarana pengenalan secara lidak langsung kepada calon anak kaitannya dengan pengenalan interaksi kepada lingkungan sosial setempat. Tentu saja tetap pada jalur yang sesuai dengan syariat Islam tidak mencampur adukkan antara toleransi terhadap masyarakat mengenai agama dan tradisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Usman. SS. M.Ag
Uncontrolled Keywords: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 13:24
Last Modified: 22 Jun 2017 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum