PENDIDIKAN BAHASA'ARAB (ANTARA EKSKLUSIFISME DAN INKLUSIFISME)

FIVE SULISTIYANI ROSAN, NIM. 00420524 (2006) PENDIDIKAN BAHASA'ARAB (ANTARA EKSKLUSIFISME DAN INKLUSIFISME). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BAHASA'ARAB (ANTARA EKSKLUSIFISME DAN INKLUSIFISME))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BAHASA'ARAB (ANTARA EKSKLUSIFISME DAN INKLUSIFISME))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan mengungkap dan menderifasikan Pendidikan Bahasa Arab antara paham eksklusif dan inklusif, dengan menelaah perkembangan pendidikan bahasa Arab di Indonesia khususnya madrasah yang notabene sebagai lembaga pendidikan yang lebih memakai paradigma Islam, di mana, paradigma Islam, yang menjadi ruh pengembangan bahasa Arab di Indonesia. Untuk melakukan kajian ini digunakan pendekatan historisitas yaitu dengan mendiskripsikan perjalanan dan perkembangan "madrasah" sebagai instansi yang memiliki basik pendidikan bahasa Arab dan bahkan memiliki kaitan yang kuat dengan pengembangan bahasa Arab dalam sejarah Nusantara. Adapun yang menjadi Jatar belakang penulis mengangkat masalah tersebut adalah; berangkat dari kegelisahan empirik, melihat perkembangan bahasa Arab yang sudah dimulai sejak abad VII namun memiliki soc!al culture movement yang lemah dibanding bahasa-bahasa asing yang masuk pada dekade berikutnya. Dari telaah empirik yang penulis lakukan, penulis melihat paradigma yang digunakan dalam pengembangan bahasa Arab, :,'ang menurut penulis, eksklusif yang justru menghambat proses pengembangannya. Selanjutnya dari penelaahan ini diharapkan dapat menguak latar belakang eksklusifisme bahasa Arab di Indonesia tersebut, dan selanjutnya mengkoordinasikan dengan model-model inklusif pengembangan bahasa, dengan demikian penulis dapat menemukan kekurangan-kekurangan metode pengembangan bahasa Arab selama ini yang sejalan dengan pencarian solusi pengembangan pendidikan bahasa Arab yang lebih realistis dan lebih sederhana atau solusi yang memang benarbenar dibutuhkan sehingga tidak mendistorsi persoalan dan atau justru menambah masalah. Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan adalah dengan mendiskripsikan perjalanan dan perkembangan pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Menganalisa latar belakangannya secara histories, agar mendapatkan gambaran masalah dengan lebih kontektual. Dengan demikian penulis dapat menginterprestasikannyn dalam pengelompokan paradigma eksklusifisme dan inklusifisme. Selanjutnya menganalisa kelebihan dan kekurangan dari pola terapan paradigma eksklusifisme dan inklusifisme. Sampai dengan penulis dapat menyimpulkan cara pengembangan pendidikan bahasa Arab yang lebih kontekstual, kritis, dan progresif Namun demikian, tidak sekonyong-konyong meletakkan eksklusifisme dan inklusifisme dalam posisi yang dikotomik. Melainkan lebih melihatnya sebagai kondisi yang dialegtik sehingga dapat memperoleh gambaran yang komprehensif, radikal, dan sistematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Bahasa Arab, paham eksklusif dan inklusif,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2017 10:50
Last Modified: 03 Jul 2017 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum