PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)

FAJAR WIDODO, NIM : 99383431 (2005) PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
BAB I, V, DP.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Upaya pemerintah dan legislatif melakukan pembaruan hukum eli bidang ketenagakerjaan dengan memberlakukan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menuai banyak protes dari berbagai lapisan masyarakat, terutama para pekerja (buruh). Para pekerja (buruh) menw1tut agar ketentuan yang mengatur pe.rjanjian kerja waktu tertentu dihapuskan, sehinga semua perjanjian kerja dibuat secara tetap. Ketentuan yang mengatur perjanjian kerja waktu tertentu tersebut tertulis dalam Pasal56- 59 Undang-undang Nomor 13 Tal1w12003 tentang Ketenagakerjaan. Persoala.n perjanjia.n kerja merupakan hal pokok dalam hubungan kerja. Secara hukum Islam kajian tersebut masuk bidang muamala.h dan keberadaanya sangat penting karena menyangkut hubu.ngan kemanusian. Untuk itulah penelitian ini menarik dilakukan sebagi upaya memberi sumbangan pada persoalan tersebut. Pada penelitia.n ini kemudian diselidiki beberapa hal sebagai berikut; (1) Apakah perjanjian kerja waktu tertentu dalam Unda.ng-w1dang Nomor 13 TahUll 2003 telah memenu.hi kaidal1 normatif hukum Islam?, (2) Bagaimana kedudukan perjanjian kerja waktu tertentu dalarn Undang-undang Nornor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan secara huku.m Islam? Kajian dan analisa penelitian ini menggunakan akad ljarah, (perjanjian kerja secara hukurn Islam) sebagai basis materi dalam melihat sistem perjanjian kerja yang tertera dalam teks-teks Undang~undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pendekatan da.lam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yu.ridis dan bersifat deskriptik ana.litik, dan analisisnya memakai teori pertingka.tan norma yaitu, nilai dasar I filosofis, seperti keadilan, kernaslahatan, persamaan, dan keseimbangan, Asas-asas kaidah fiqih dan peraturan kongkrit. Secara materi, dari uraian yang telah dilakuka.n bahwa sistem perjanjian kerja waktu tertentu dalarn Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 telah rnernenuhi kaidah normatif hukum Islam. Adanya syarat-syarat yang hams dipenuhi da.lam perjanjian waktu tertentu bagi pemberi kerja dapat dilihat sebagai upaya memberikan perlindungan dan hak-hak pada pekerja. Maka, dapat dilihat bahwa keseimbangan dan keadilan antara pekerja dan pemberi k~rja telah dijembatani dengan adanya aturan perjanjian waktu tersebut. Kedudukan perjanjian kerja waktu tertentu dalam Undang-unda.ng Nomor 13 Tahun 2003 tidak bertentangan secara hukurn Islam. Hal tersebut dapat tercermin dari perjanjian kerja dalam hukum Islam, seperti ketentua.n waktu da.lam melakukan pekerjaan. Rumusan Perjanjian kerja secara hukum !slant menyatakan bahwa pemberia.n waktu memberika.n kepastian bagi pekerja maupun pemberi kerja. Dernikia.n halnya dengan perjanjian kerja yang dilaku.kan secara terbatas, bahwa ketika jenis pekerjaannya memang tidak memerlukan waktu lama, rnaka perjanjia.n kerjanya juga harus seba.nding. Hal ini rnenunjukan bahwa keadilan dalam hubungan kerja harus dapat menjembatani dan memberikan keseimbangan dua kepentingan sekaligus, pekerja dan pemberi kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. PROF. DR. H. SYAMSUL ANWAR, MA 2. GUSNAM HARIS, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ketenaga kerjaan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2017 06:30
Last Modified: 03 Jul 2017 06:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25686

Actions (login required)

View Item View Item