TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT FEDERAL INTERNASIONAL FINANCE CABANG BANDUNG TAHUN 2004

FIRMAN HIDAYAT, NIM. 00380145 (2005) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT FEDERAL INTERNASIONAL FINANCE CABANG BANDUNG TAHUN 2004. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN JIUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT FEDERAL INTERNASIONAL FINANCE CABANG BANDUNG TAHUN 2004)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN JIUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT FEDERAL INTERNASIONAL FINANCE CABANG BANDUNG TAHUN 2004)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Memasuki era globalisasi, kendaraan sebagai salah satu sarana transportasi menjadi sangat penting dalam mendukung seluruh aktivitas/kegiatan sehari-hari. Keterbatasan finansial selalu menjadi faktor penghambat seseorang untuk memiliki kendaraan bermotor tersebut karena tingginya harga kendaraan yang harus dibayar. Keadaan seperti ini dapat ditanggulangi melalui peijanjian kredit, seperti yang dilakukan oleh PT FIF, yaitu pengadaan barang guna kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala. Artinya peijanjian tersebut dibuat berdasarkan asas kepercayaan dari salah satu pihak terhadap pihak yang lainnya, dalam hal ini kepercayaan yang dimiliki oleh perusahaan pembiayaan kepada konsumennya. Ada tiga pihak yang terkait dalam suatu peijanjian ini, yaitu perusahaan pembiayaan, konsumen dan penyedia barang/supplier. Hubungan pihak perusahaan pembiayaan dengan konsumen adalah hubungan kontraktual artinya hak dan kewajiban masing-masing pihak didasarkan pada kontrak atau peijanjian pembiayaan. Perusahaan pembiayaan berkewajiban memberikan sejumlah uang untuk pembelian suatu barang dari supplier dalam hal ini kendaraan bermotor, sementara konsumen berkewajiban mengembalikan uang tersebut kepada perusahaan pembiayaan dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala. Penelitian difokuskan pada satu pokok masalah yaitu Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan peijanjian kredit di PT Federal International Finance cabang Bandung Berdasarkan pokok masalah yang dikemukakan di atas, penelitian ini menggunakan kerangka teori hukum Islam, terutama yang berkaitan dengan hukum akad; pengertian, rukun dan syaratnya, wanprestasi (ingkar janji) dan keadaan memaksa (force majeure) serta berakhimya suatu akad. Penelitian yang digunakan bersifat evaluatif dengan pendekatan normatifyuridis, sehingga, dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa peijanjian kredit sepeda motor tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DRS. SUPRIATNA, M.SI 2. GUSNAM HARIS, S.AG, M.AG
Uncontrolled Keywords: PERJANJIAN, KREDIT
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2017 13:36
Last Modified: 03 Jul 2017 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum