NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPACARA KHATAMAN AL-QURAN DI DESA MUNGGU PETANAHAN KEBUMEN

IBNU SOLEH, NIM. 99414184 (2006) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPACARA KHATAMAN AL-QURAN DI DESA MUNGGU PETANAHAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPACARA KHATAMAN AL-QURAN DI DESA MUNGGU PETANAHAN KEBUMEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPACARA KHATAMAN AL-QURAN DI DESA MUNGGU PETANAHAN KEBUMEN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ibnu Soleh, Nilai-nilai Pendidikan Islam dalarn Tradisi Khataman a!-Quran di Desa Munggu, Petanahan, Keburaen. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Desa Munggu termasuk kavvasan yang akan mengalami perubahan sosial dengan adanya rencana pembangunan kavvasan pantai selatan. Pembukaan jalur selatan-selatan sebagai jalan lintas propinsi akan mengubah kawasan pantai sebagai kota baru. Mengantisipasi perubahan sosial dan kultural perlu scgcra diadakan kajian-kajian atas nilai-nilai dasar kebudayaan kawasan pantai sebagai identitas masyarakatnya. Penelitian ini adalah salah satu upaya terscbut yang bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam prosesi dan materi tradisi Khataman al-Quran di Desa Munggu, Petanahan, Kebumen. Subyek penelitian ini adalah Kyai sebagai sumber utama yang mempunyai informasi banyak mengenai upacara Khtamanu, sedang subyek pelengkapnya adalah santri dan wali santri serta kepala desa Munggu Penelitian ini menggunakan pendekatan Antropologi budaya yakni ilmu yang mempelajan tentang manusia dan budayanya. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawancara Jems penelitiannya adalah kualitatif yang mempelajari fonomena sosial dari pandangan pelakunya. Hasil datanya bersifat deskriptif yang mengungkapkan sebab dan proses teijanya peristiwa. Metode analisis data mengunakan tiga tahap yaitu deskriptif, analisis dan interpretatif Untuk memeriksa keabsaan data digunakan teknik triangulasi yaitu pemeriksaan sumber, metode dan teori. Pengambilan kesimpulan mengunakan cara berflkir induktif yaitu kesimpulan yang diperoleh dari penstiwa-peristiwa dan fakta-fakta khusus dan kongkrit, kcarah konsep-konsep mengenai ciri-ciri (kaidah) umum. Hasil penelitian menunjukan dalam prosesi upacara Khataman terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yaitu komponen pelaksanaan pendidikan islam yang terdiri atas tempat pelaksanaan pendidikan (Masjid atau Mushala dan lingkungan masyarakat), pengaturan waktu yang khusus untuk pembelajaran, tersedianya perlengkapan utama dan pendukung, serta kerjasama antara guru, murid dan orang tua atau masyarakat. Sedang dalam materi upacara Khataman terdapat komsep pendidikan Islam yang terdiri atas: Tujuan pendidikan Islam yaitu menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai pengetahuan yang berpusat pada budi pekerti atau akhlak. Ruang-lingkup pendidikan Islam, meliputi pembinaan intelektual, pembinaan rohani dan pembinaan akhlak. Materi pendidikan Islam yang meliputi tiga dimensi yaitu spiritual, kebudayaan atau kemasyarakatan dan kecerdasan. Metode pendidikan adalah bimbingan dan pcran serta. Dan evaluasi pendidikan yang meliputi kemampuan, prilaku dan sikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan. M.Pd
Uncontrolled Keywords: MUNGGU PETANAHAN KEBUMEN
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2017 13:52
Last Modified: 03 Jul 2017 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum