NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPACARA RITUS KEKAH DI DESA SIRNOBOYO, KECAMATAN PACITAN, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR

NURHIDAYATI, NIM. 02411036 (2006) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPACARA RITUS KEKAH DI DESA SIRNOBOYO, KECAMATAN PACITAN, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISAM DALAM UPACARA RITUS KEKAH DI DESA SIRNOBOYO, KECAMATAN PACITAN, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISAM DALAM UPACARA RITUS KEKAH DI DESA SIRNOBOYO, KECAMATAN PACITAN, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

NURHIDAYATI, Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Upacara Ritus Kekah di Desa Simoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian tentang upacara ritus kekah ini merupakan gambaran tentang adanya perpaduan kebudayaan (akulturasi) yang teijalin indah antara ajar an Islam dengan kepercayaan masyarakat lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan upacara ritus kekah di Desa Simoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam upacara tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengetahuan tentang hal-hal yang terkait dengan upacara ritus kekah. Selain itu, sebagai sumbangan wawasan bagi siapa saja yang berusaha menelaah dan menekuni lebih mendalam mengenai upacara ritus kekah sebagai salah satu sarana dalam pendidikan Islam. Penelitian tentang upacara ritus kekah ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan antropologi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi terlibat, interview atau wawancara mendalam, dokumentasi dan etnofotografi. Setelah data terkumpul rligunakan teknik deskriptif-kualitatif untuk menganalisis data. Hasil penelitian, 1) Pelaksanaan upacara ritus kekah di Desa Simoboyo Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur selain menyembelih kambing, juga ditambahkan unsur pembacaan barzanji dan penggunaan beberapa ubu rampe (perlengkapan) yakni tujuh selendang batik, gunting, kelapa muda bunga, madu dan bedak putih. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam upacara ritus kekah ini adalah: a. Nilai pendidikan keimanan meliputi; memperkenalkan bentuk keimanan kepada bayi tentang Allah sebagai Dzat Yang Maha Esa lagi Maha Agung sekaligus ajar an untuk senantiasa mengagungkan Allah dan mengakui keesaan-Nya, ajaran untuk senantiasa mendekatkan dan melaksanakan perintah Allah dan Rosul-Nya, ajaran untuk senantiasa bertawakal kepada Allah memperkenalkan Nabi Muhammad Saw. sebagai utusan Allah Swt. kepada bayi, ajaran untuk membiasakan hidup bersih mengenalkan makanan yang halal dan baik kepada bayi. b. Nilai pendidikan akhlak meliputi; mengajarkan hambanya untuk bersyukur atas nikmat Allah, melatih sikap ihlas hambanya, melatih sikap pemurah, mendidik untuk optimis, mengajarkan hidup sederhana, mengajarkan tentang sikap sopan santun dan sikap lemah-lembut dalam bertutur kata, mengajarkan tentang sifat jujur dan ajaran untuk berbakti kepada orang tua, c. Nilai pendidikan sosial, meliputi; mengenalkan kepada bayi bahwa ia sedang hidup di tenggah-tengah masyarakat, menyadarkan pentingnya prinsip tolong-menolong, upaya memperkuat tali silaturahmi antar sesama, dan menjalin kembali solidaritas di tengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono M.Si
Uncontrolled Keywords: DESA SIRNOBOYO, KECAMATAN PACITAN, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2017 15:46
Last Modified: 03 Jul 2017 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum