TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB

NUR HUDA, NIM. 01420736 (2006) TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TEORI BELAJAR HERBART DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA (QAWAID) BAHASA ARAB)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

NUR HUDA. Teori Belajar Herbart dan Implikasinya dalam Pengajaran Gramatika ( Qawaid ) Bahasa Arab. Skripsi. Yogayakarta : Fakutas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep tentang teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, serta implikasi teori belajar tersebut dalam pengajaran gramatika (qawaid) Bahasa Arab. Penelitian yang sedang penulis keijakan merupakan sebuah penelitian kualitatif dan merupakan sebuah penelitian pustaka (Library Research), yang dalam hal ini mengkaji tentang sebuah teori belajar yang dirumuskan seorang tokoh bemama Johann Frederich Herbart, oleh karena itu dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data dari bahan bahan tertulis seperti buku, majalah, artikel serta sumber sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Adapun dalam menganalisa data data tersebut penulis menggunakan metode analisa isi (content analisys) yang disajikan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan : 1). Teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada tanggapan atau ide, dengan kata lain apersepsi adalah sebuah proses penghubungan antara tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lainnya Hi mana ide atau tanggapan itu sendiri tidak lain merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. 2) Implementasi teori belajar Herbart membawa implikasi baik terhadap peserta didik, pengajar maupun materi dan cara peyampaian pelajaran, dimana implikasi tersebut mencakup perihal interaksi belajar mengajar, proses belajar siswa, transfer belajar, pendekatan dan teknik pengajaran gramatika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun. M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Gramatika ( Qawaid ) Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:41
Last Modified: 04 Jul 2017 07:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum