ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PADA PT. BANK SYARI'AH MUAMALAT INDONESIA TBK. JAKARTA TAHUN 1999-2003

MUTTOHIROTIN, NIM. 00390129 (2005) ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PADA PT. BANK SYARI'AH MUAMALAT INDONESIA TBK. JAKARTA TAHUN 1999-2003. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PADA PT. BANK SYARI'AH MUAMALAT INDONESIA TBK. JAKARTA TAHUN 1999-2003)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PADA PT. BANK SYARI'AH MUAMALAT INDONESIA TBK. JAKARTA TAHUN 1999-2003)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Bank Syari'ah Muamalat Indonesia sebagai salah satu bank syari'ah di Indonesia, meskipun tidak mengalami kerugian akibat negative spread seperti yang dialami bank-bank konvensional pada tahun 1997, tetapi kinerja keuangannya mengalami penurunan yang akhirnya menimbulkan kerugian operasional. Sehingga tim manajemen merumuskan tujuan dan strategi sampai tahun 2004, terutama dipusatkan pada revitalisasi kinerja keuangan perseroan. Kondisi demikian memberikan inisiatif pada manajemen Bank Syari'ah Muamalat Indonesia untuk menetapkan target perseroan yaitu mencapai setidaknya break even point pada tahun 2000. Indikator sebuah perusahaan telah mencapai break even point adalah ketika hasil pendapatan penjualan bisa menutupi seluruh biaya yang dikeluarkan, baik berupa biaya tetap maupun biaya variabel. Sehingga, pembahasan mengenai break even point sangat penting untuk dilakukan. Pembahasan akan lebih lengkap jika break even point dihubungkan dengan perencanaan keuntungan. Karena pada dasarnya break even point merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk merencanakan keuntungan, terutama keuntungan jangka pendek. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan break even point Bank Syari'ah Muamalat Indonesia dari tahun 1999-2003 serta menentukan jumlah penjualan pada tingkat laba yang direncanakan. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis break even point dengan menggunakan rumus aljabar. Sedangkan untuk mengetahui tingkat perkembangan break even point dari tahun 1999-2003, penulis menggunakan analisis trend dengan metode least square. Selain itu untuk menentukan besarnya perencanaan keuntungan pada tahun berikutnya, maka digunakan estimasi keuntungan dengan metode rata-rata bergerak (moving everage ). Setelah diadakan analisis dengan metode-metode di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa break even point Bank Syari'ah Muamalat Indonesia dari tahun 1999-2003 relatif mengalami kenaikan, kecuali pada tahun 2000. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis trend yang membentuk trend positif. Dari penelitian ini dapat diketahui pula bahwa Bank Syari'ah Muamalat Indonesia sudah melampaui break even point sejak tahun 1999. Sehingga target yang telah ditetapkan tersebut telah terpenuhi. Selain itu, dalam penelitian ini dapat dibuktikan bahwa pada dasarnya break even point dapat digunakan untuk merencanakan keuntungan jangka pendek perusahaan, yaitu dengan memasukkan keuntungan yang direncanakan atau yang diinginkan dalam rumus break even point. Sehingga break even point dapat digunakan sebagai salah satu altematif dalam perencanaan keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. IBNU QIZAM, S.E., Akt., M.Si. 2. SUNARSIH, S.E., M. Si.
Uncontrolled Keywords: ANALISIS BREAK EVEN POINT
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:50
Last Modified: 04 Jul 2017 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum