TINGKAT PENGETAHUAN GURU KIMIA MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KABUPATEN TEMANGGUNG PADA PENGGUNAAN ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA

SLAMET UTOMO, NIM. 01440688 (2006) TINGKAT PENGETAHUAN GURU KIMIA MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KABUPATEN TEMANGGUNG PADA PENGGUNAAN ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT PENGETAHUAN GURU KIMIA MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KABUPATEN TEMANGGUNG PADA PENGGUNAAN ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT PENGETAHUAN GURU KIMIA MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KABUPATEN TEMANGGUNG PADA PENGGUNAAN ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru-guru kimia pada penggunaan alat-alat laboratorium kimia yang meliputi nama, fungsi dan cara menggunakannya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survaey, wawancara dan tes yang berupa butir-butir soal pilihan ganda dan isian jawaban singkat. Populasi penelitian ini adalah Guru-guru Kimia Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Temanggung yang berjumlah 12 guru kimia dari 9 Madrasah Aliyah. Teknik sampling dengan menggunakan sampel populasi (seluruh populasi dijadikan subjek penelitian). Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan metode rata-rata presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru-guru kimia MA se-Kabupaten Temanggung pada nama alat-alat laboratorium kimia adalah 77.22% dengan predikat tinggi. Fungsi alat-alat laboratorium kimia adalah 67.78% dengan predikat tinggi. Cara menggunakannya alat-alat laboratorium kimia adalah 43.33% dengan predikat rendah. Berdasarkan tingkat pengetahuan guru-guru kimia pada nama, fungsi dan cara menggunakan alat-alat laboratorium kimia tersebut memberikan kesimpulan tingkat pengetahuan guru-guru Kimia Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Temanggung pada penggunaan alat-alat laboratorium kimia adalah 62.77% dengan predikat sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: 1. Pengetahuan guru 2. Alat laboratorium kimia 3. MA se-Kabupaten Temanggung
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Jul 2017 00:50
Last Modified: 04 Jul 2017 00:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25706

Actions (login required)

View Item View Item