METODE PEMAHAMAN LAFAL-LAFAL GARIB MENURUT ABU 'UBAID AL-QASIM IBN SALLAM (W.224/838)(Telaah terhadap Kitab Garib Al Hadis)

WAHYUDDIN, NIM.98532748 (2005) METODE PEMAHAMAN LAFAL-LAFAL GARIB MENURUT ABU 'UBAID AL-QASIM IBN SALLAM (W.224/838)(Telaah terhadap Kitab Garib Al Hadis). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Fakta historis menunjukkan terjadinya kritik hadis semenjak generasi awal Islam, terutama kritik matan hadis, menjadi bukti bahwa sejarah perjalanan hadis diwarnai oleh berbagai aktivitas ulama untuk mempertahankan orisinalitas sebuah hadis dengan melakukan kritik yang pada intinya bukan hanya upaya untuk mengetahui kebenaran suatu informasi yang didasarkan pada perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi SAW. oleh para periwayatnya sehingga dapat dipisahkan antara hadis yang berkualitas baik dan hadis yang tidak memenuhi standar kualitas untuk dijadikan dasar pegangan dalam beragama, namun juga usaha menghilangkan ke-garib-an pada hadis-hadis sahih yang tampak garib maknanya serta menghapuskan pertentangan kandungannya dengan melalui penerapan standar yang mendalam. Penelitian ini mengkaji sebuah kitab yang berjudul Garib al-hadis karya Abu 'Ubaid al-Qasim ibn Sallam. Adapun fokus penelitiannya adalah metode yang digunakan oleh Abu 'Ubaid dalam memahami lafal-lafal garib yang terdapat dalam hadis. Selanjutnya, dapat dikemukakan bahwa pemahaman Abu 'Ubaid terhadap lafal-lafal Garib al-hadis didasarkan pada kajian ilmu-ilmu bahasa, kemudian keterangan-keterangan yang bisa diperoleh dari al-Qur'an dan hadis-hadis lainnya, serta bantuan dari syair dan perkataan orang lain. Abu 'Ubaid dalam karyanya Garib al-Hadis, beliau mengumpulkan hadis-hadis yang oleh kebanyakan orang bahkan para ulama sekalipun dianggap mengandung kata-kata yang sukar untuk dipahami. Abu 'Ubaid dalam usaha memberikan interprestasi atau tafsiran yang benar mengisi isi kandungan dan muatan informasi yang terdapat dalam sebuah teks hadis yang juga menjadi bagian naqd al-Hadis. Penggunaan metode pendekatan sejarah dan kebudayaan Arab menjadi salah satu langkah utama yang dijalankan oleh Abu 'Ubaid. Beliau banyak merujuk peristiwa-peristiwa sejarah yang pernah teijadi untuk memperkaya analisis dan interpretasinya terhadap sebuah hadis. Sumber sejarah yang dipakai oleh beliau juga sangatlah bervariasi, dimulai dari sejarah umum bangsa Arab sendiri, dilanjutkan dengan pergeseran budaya Arab dengan terjadinya asimilasi budaya akibat proses perdagangan dan perpolitikan kabilah-kabilah di Arab. Sejarah perekonomian dan pola kehidupan sosiokultural yang melingkupi masyarakat Arab pada masa itu, serta struktur kebemgamaan yang dianut, menjadi variabel pendukung penafsiran Abu 'Ubaid di dalam kitabnya Garib al-hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Indal Abror, M.Ag. / Dadi Nurhaedi, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: GARIB, ABU 'UBAID AL-QASIM IBN SALLAM, Kitab Garib Al Hadis
Subjects: Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 04 Jul 2017 09:22
Last Modified: 04 Jul 2017 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum