UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

FATIMATUZ ZAHROH, NIM. 01430937 (2006) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

FATIMATUZ ZAHROH. Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Efektivitas dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Accelerated Learning pada Siswa Kelas IV di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta: Skripsi. Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan accelerated learning pada siswa kelas IV di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV-D (1 Madrasah Aliyah) semester I-II di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2005/2006. Jumlah siswa 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jumal harian, angket siswa dan guru, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, triangulasi dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melalui pendekatan accelerated learning dapat meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan menerapkan prinsip-prinsip accelerated learning yaitu pembelajaran menyeluruh, pembelajaran dengan berkreasi, pembelajaran dengan kerjasama, pembelajaran pada berbagai tingkat secara simultan, pembelajaran dalam konteks, pembelajaran dengan emosi positif dan pembelajaran dengan pencitraan. (2) Peningkatan kreativitas dapat dilihat pada aktivitas dan sikap guru dan siswa. Peningkatan aktivitas dan sikap siswa berupa ketrampilan berfikir lancar, ketrampilan berfikir luwes, ketrampilan berfikir orisinil, ketrampilan memerinci, ketrampilan menilai, rasa ingin tahu, bersifat imajinatif, merasa tertantang oleh kemajemukan, sifat berani mengambil resiko dan sikap menghargai. Sedangkan aktivitas dan sikap guru dapat dilihat dari adanya peningkatan dalam menggunakan metode pembelajaran, mengembangkan kegiatan belajar yang bervariasi, mengarahkan siswa dalam berfikir kreatif dan kemampuan dalam mengelola dan mengatur kelas. (3) Peningkatan efektivitas dapat dilihat adanya peningkatan kompetensi belajar siswa, keaktifan proses pembelajaran dan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs Edi Prajitno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Efektivitas, Accelerated learning.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Jul 2017 03:22
Last Modified: 04 Jul 2017 03:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25736

Actions (login required)

View Item View Item