PENGARUH PREDIKAT HAJI TERHADAP STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT JEPARA (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGSRI JEPARA JAWA TENGAH)

FITRIANA RAHMAWATI, NIM. 01540780 (2005) PENGARUH PREDIKAT HAJI TERHADAP STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT JEPARA (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGSRI JEPARA JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PREDIKAT HAJI TERHADAP STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT JEPARA (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGSRI JEPARA JAWA TENGAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PREDIKAT HAJI TERHADAP STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT JEPARA (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGSRI JEPARA JAWA TENGAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu ritual keagamaan yang wajib bagj uniat Islam adalah menunaikan ibadah haji ke tanah Suci Mekkah untuk memenuhi rukun Islam yang kelima. Walaupim telah dilakukan selama berabad-abad ietapi fenomena haji terus dikaji dan menjadi sumber analisis. Di Indonesia haji mempunyai peranan yang sangat penting, terbukti Indonesia merupakan pemasok haji terbesar di seluruh dunia. Dengan rneningkatnya haji di masyarakat maka haji cendenmg mcnempaii stratiiikasi tertentu di masyarakat. Dengan demikian hal tersebut dapat mengakibatkan teijadinya pergeseran persepsi di masyarakat dalam memandang orang yang berstatus haji. Penciltian ini bertujuan untuk rncngetahiu persepsi masyarakat terhadap haji dan dampak yang menyertainya serta untuk mengetahui bagahnana proses status kehajian di dalam membentuk stratifikasi masyarakat Jepara. Populas? penektian ini adalah masyarakat Kelurahan Bangsri Jepara. Untuk memilih sampelnya menggunakan metode purposive sample atau sampel bertujuan yakni dilakukan dengan cara mengambil subyck bukan berdasarkan atas strata, random atau daerah tctapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Jumlali sampelnya terdiri dari 100 orang yang terdiri dari semua ketua RT, ketua RW, tokoh masyarakat, masyarakat non muslim, dan lain sebagainya. Penginnpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala likert 1-5 dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang dipakai dalam pengolahan data adalah metode analisis data statistik dengan menggunakan perilitungan angka-angka yang diolah dengan rumus statistik untuk kemudian ditarik kesimpulan. Peneliti melakukan pengolahan data dalam bentuk tabel dengan menggunakan tekhnik deskriptif prosentase dengan menggunakan tekhnik korelasi dan dengan bantuan spss. Tahap selanjutnya data dianaiisa dan diinterpretasikan serta disajikan dalam bentuk tabel prosentase. Kemudian untuk menilai tingkat signifikansi pengaruh predikat haji terhadap stratifikasi sosial masyarakat Jepara akan diuji dengan menggunakan korelasi product moment, Hasil penehtian menunjukkan bahwa pengaruh predikat haji terhadap stratifikasi sosial masyarakat Jepara di Kelurahan Bangsri sangat berkaitan terhadap tiga aspek diantaranya adalah aspek keagamaan, aspek sosial dan aspek ekonomi. Hal ini terbukti dengan hasil yang menyatakan bahwa besamya nilai r predikat haji (X) dan terhadap stratifikasi sosial (Y) yakni sebesar 0,35 yang besamya berkisar antar 0,20-0,40 maka berarti bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang lemah atau rendah namun sangat berpengaruh, sedangkan harga tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N=100 adalah 0,195 oleh karena itu diperoleh harga r yang lebih besar dari harga tabel taraf signifikansi (0,350,I95). Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan balnva predikat haji (X) terhadap stratifikasi sosial (Y) mempunyai pengaruh meskipun rendah tetapi didalam masyarakat tersebut teijadi adanya pergeseran persepsi dalam memandang orang yang telah berstatus haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. Singgih Basuki, M. A.
Uncontrolled Keywords: STRATIFIKASI SOSIAL
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2017 10:33
Last Modified: 04 Jul 2017 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum