UPACARA ADAT TUNGGUL WULUNG DI DUSUN TENGAHAN, DESA SENDANGAGUNG, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

HERMANTO, NIM. 99522875 (2004) UPACARA ADAT TUNGGUL WULUNG DI DUSUN TENGAHAN, DESA SENDANGAGUNG, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPACARA ADAT TUNGGUL WULUNG DI DUSUN TENGAHAN, DESA SENDANGAGUNG, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPACARA ADAT TUNGGUL WULUNG DI DUSUN TENGAHAN, DESA SENDANGAGUNG, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Masyarakat Sendangagung yang berada di wilayah Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, masih dalarn perubahan Seiring dengan pcrkemhangan masyarakat sekarang ini, akan tetapi sebagian masyarakatnya masili percaya kepada hal-hal yang gaib, yang masih melekat dan mempengaruhi dalam kehidupan mereka sehari-hari. Banyak hal-hal yang masih mereka lakukan sesuai dengan tradisi dan warisan nenek moyang mereka, seperti budaya kenduri, slametan. bersih desa dan ritual-ritual yang lainnya. Sebagai masyarakat agraris dan rnata pencaharian penduduknya mayoritas adalah bertani, masyarakat Sendangagung dalam setiap tahunnya masih melaksanakan Upacara Adal Bersih Desa yang diberi nama Upacara Adat Tunggul Wulung. Upacara Adat ini dilaksanakan setiap setahun sekali pada hari Jum’al Pon pada bulan Agust us setiap tahunnya. Untuk tabun ini dilaksanakan pada hari Jum’at Pon pada tanggal 15 Agustus 2003 yang bertempat di dusun Tengahan, Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan Upacara Adat Tunggul Wulung yang sekarang ini masih dilaksanakan tidak hanya bernuansakan ritual belaka akan tetapi sudah mengalami perubahan sesuai dengan perkcrnbangan zaman. Oleh karena itu penulis akan meneliti permasalahan tersebul diantaranya : bagaimana gambaran yang sesungguhnya dari perayaan upacara adat tersebut, apa fungsi dari perayaan Tunggul Wulung, dan faktor apa saja yang menyebabkan Upacara Adat Tunggul Wulung sampai saat ini masih eksis dilaksanakan. Setelah melihat kondisi masyarakat Sendangagung, maka penulis di dalam meneliti terhadap unsur-unsur kehidupan dan kebudayaan masyarakat Sendangagung menggunakan pendekatan Aniropologi Budaya, yaitu suatu studi yang memusatkan perhatiannya pada aspek organisasi sosiai dari pada kehidupan manusia itu sendiri. Sedangkan kerangka teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kerangka teori dari seorang Antropolog yang berkebangsaan Polandia yaitu Brosnilaw Kacper Malinowski ( 1884 -1942 ), dengan teorinya yang lerkenal dengan ieori jitngsiomlisme. la berasumsi bahwa semua unsur kebudayaan akan bermanfaat bagi masyarakat atau dengan kata lain bahwa fungsionalisme berpandangan bahwa kebudayaan mempertahankan setiap pula kelakuan yang sudah menjadi kebiasaan, yang sudah merupakan bagian kebudayaan dalam suatu masyarakat. Untuk memperoleh hasil penelitian yang obvektif, maka penulis di dalam mengumpulkan data menggunakan beberapa metode diantaranya adalah observasi partisipasi, inteview dan dokumentasi Upacara Tunggul Wulung yang dilaksanakan di dusun Tengahan, desa Sendangagung Kecamatan Minggir, selain Sebagai ungkapan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, alas kharisma Kyai Tunggul Wulung, sehingga hasil panen para petam dapat melimpah Selain itu upacara tersebut sebagai pelestarian budaya bangsa, dan menjadi objek pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moch Soehada, S.Sos., M.Hum
Uncontrolled Keywords: UPACARA ADAT TUNGGUL WULUNG
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Jul 2017 13:28
Last Modified: 04 Jul 2017 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25754

Actions (login required)

View Item View Item