FENOMENA FUNDAMENTALISME REMAJA MASJID DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus Forum Silaturrahim Remaja Masjid Yogyakarta)

AHMAD RIFA'I, NIM.01540564 (2005) FENOMENA FUNDAMENTALISME REMAJA MASJID DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus Forum Silaturrahim Remaja Masjid Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FENOMENA FUNDAMENTALISME REMAJA MASJID DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus Forum Silaturrahim Remaja Masjid Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA FUNDAMENTALISME REMAJA MASJID DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Kasus Forum Silaturrahim Remaja Masjid Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan sosial yang semakin beragam dan tanpa solusi menimbulkan kegelisahan tersendiri bagi umat Islam di Yogyakarta. Perjuangan secara struktural dirasa kurang walaupun kran reformasi telah dibuka Iebar. Kuatnya berbagai bentuk 'kemerosotan moral' di Yogya menunjukkan perkembangan aktivitas Islam yang cukup pesat. Para remaja masjid di kota Y ogyakarta merespon kondisi umat Islam secara makro dan mikro yang selalu "tertindas" oleh kaki kapitalisme global dan modemisasi. Salah satunya adalah Forum Silaturrahim Remaja Masjid Yogyakarta (selanjutnya disebut FSRMY), yang merupakan gerakan aliansifperkumpulan remaja-remaja masjid yang ada di kota Yogyakarta. Pengambilan bentuk gerakan yang berupa aliansi membawa dampak tersendiri yaitu beragamnya pemahaman terhadap Islam di antara anggotaanggotanya, yang salah satunya adalah fundamentalisme yang mulai tahun 2000- an banyak digencarkan oleh pemerintah AS terkait dengan isu terorisme global. Penelitian ini mencoba menelusuri fundamentalisme dalam FSRMY baik pada tataran wacana maupun aksifkegiatan praksis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa wawancara mendalamldepth interview yang dilakukan kepada para pendiri/aktor historis dan juga pengurus-pengurus yang masih aktif. Selain wawancara, dilakukan juga metode observasi dan dokumentasi yang diharapkan dapat menambah apa yang belum terungkap lewat wawancara. Dalam analisis, penelitian ini menempatkan kerangka teoritik gerakan sosiallsocia/ movement dan fundamentalisme sebagai acuan utama dalam menganalisis data yang diperoleh. Penditia11 ini lllcnemu~an baln .. a rSRMY tidak mcmatok scbuah idcologi tcrtcntu sebagai dasar gerakan, akan tetapi mempunyai khittah sebagai acuan gerakan. Dalam perjuangannya, FSRMY banyak mengangkat tema-tema aktual yang menjadi permasalahan umat Islam. Adapun dalam segi organisasi, FSRMY menggunakan pengkaderan terstruktur. Aliansiljoin dengan gerakan-gerakan umal Islam lainnya merupakan salah satu strategi dan taktik perjuangan yang selama ini diandalkan oleh FSRMY. FSRMY dengan Jatar belakang pemahaman terhadap Islam yang beragam pada para anggotanya, telah sedikit banyak tercampuri oleh pemikiran-pemikiran fundamentalisme Islam yang terepresentasi pada: (a) tema amar ma'ruf nahi munkar, (b) koran tempel KUBAH (Koran Umat Untuk Perubahan), (c) Brigade Remaja Masjid (BReM), (d) dukungan terhadap petjuangan tokoh-tokoh Islam radikal di Indonesia, (e) dukungan terhadap petjuangan Islam di Timur Tengah, dan (f) BATRAM (Basic Training Remaja Masjid).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Amin, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: remaja masjid
Subjects: Remaja > Remaja Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jul 2017 06:55
Last Modified: 04 Jul 2017 06:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25764

Actions (login required)

View Item View Item