CORAK PENAFSIRAN ILMI FAKHR AR-RAZI DAN TANTAWI JAUHARI (Studi komparasi tafsir Mafatih al-Gaib dan tafsir al-Jawahir fi Tafsir al-Qur'an)

Rudi Priyanto, NIM.96532189 (2004) CORAK PENAFSIRAN ILMI FAKHR AR-RAZI DAN TANTAWI JAUHARI (Studi komparasi tafsir Mafatih al-Gaib dan tafsir al-Jawahir fi Tafsir al-Qur'an). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Keberadaan tafsir ilmi sampai saat ini masih menimbulkan perdebatan. Hal tersebut disebabkan di antara ulama tafsir masih bersilang pendapat terhadap eksistensi tafsir 'ilm Tokoh pendukung keabsahan tafsir 'ilmi yaitu Fakh ar-Razi dan Tantawi Jauhari tidak luput dari cercaan "Segala hal ada di dalamnya kecuali tafsir" Fakhr ar-Razi pemilik kitab tafsir Mafatih. al-Gaib telah menerapkan kajian tafsirnya dengan memasukkan pembahasan ilmiah dalam tafsirnya. Sebagai seorang pakar, baik dalam ilmu agama maupun ilmu-ilmu eksak, astronomi, kedokteran dan lain-lain tentunya memiliki corak tersendiri dalam penafsiran ilmiahnya. Sementara Tantawi Jauhari menjadikan tafsir al-Jawahir fi Tafsir al-Qur'an sebagai kitab ensiklopedi ilmu-ilmu alam. Sebagai seorang pakar agama yang gemar menekuni kajian-kajian ilmiah yang berkembang, Tantawi Jauhari berusaha melakukan pembahasan-pembahasan ilmiah dalam tafsirnya dengan memasukkan beberapa pendapat ahli-ahli sains baik yang terdahulu maupun sekarang juga memasukan tabel-tabel ilmiah serta gambar-gambar sebagai pembuktian fakta ilmiahnya. Untuk dapat melihat sisi persamaan dan perbedaan corak penafsiran ilmi kedua mufassir tersebut, maka penyusun mengkomparasikan dengan menggunakan metode muqaran, yaitu dengan membandingkan ayat al-Qur'an yang memiliki persamaan bagi kasus yang sama dengan mengklasifikasikan ayat-ayat yang berkaitan dengan isyarat-isyarat ilmiah dalam al-Qur'an. Dengan metode muqaran tersebut dapat disimpulkan Persamaan dan perbedaan corak penafsiran ilminya. Dari segi persamaan penafsiran ilminya, keduanya mengarah pada penafsiran sains, sementara persamaan dalam hal metode tafsirnya adalah keduanya menerapkan metode tahlili. Ditinjau dari Perbedaan penafsiran ilminya, Fakhr ar-Razi mendasarkan teori-teori sains tersebut dikorelasikan dengan filsafat dan teologi. Sementara Tantawi Jauhari hanya memasukan teori-teori sains tersebut kemudian diselaraskan dengan ayat-ayat al-Qur'an. Perbedaan dari pendekatan corak penafsiran ilmiahnya, Fakh ar-Razi mengawali dengan mengemukakan teori-teori ilmiah kemudian teori-teori tersebut dikuatkan dan ditolaknya, sedangkan Tantawi Jauhari- bersifat menjelaskan kepada umat Islam tentang ketertinggalannya terhadap dunia barat, sehingga Tantawi Jauhari memasukkan berbagai teori ilmiah dalam tafsirnya tanpa melakukan penilaian terhadap teori-teori tersebut. Secara umum perbedaan ar-Razi dan Tantawi dari segi ilmu dan masa yang dialami berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muhammad. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: CORAK PENAFSIRAN ILMI F AKHR AR-RAZI DAN - - -- TANTAWIJAUHARI {Studi komparasi tafslr Mafa1ih al-Gaibdan tafslr al-Jawihir fi Tafslr al-Qur'an)
Subjects: Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:03
Last Modified: 04 Jul 2017 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item View Item