TRANSFORMASI NILAI-NILAI HUMANIS DALAM DIALOG ANTARIMAN (Studi Lapangan Pada Forum Persaudaraan Umat Beriman Yogyakarta)

Nur Hayati, NIM.00520347 (2005) TRANSFORMASI NILAI-NILAI HUMANIS DALAM DIALOG ANTARIMAN (Studi Lapangan Pada Forum Persaudaraan Umat Beriman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang transformasi nilai-nilai humanis dalam dialog antariman yang difokuskan pada komunitas FPUB Yogyakarta. Penelitian ini bertolak pada merebaknya fenomena sosial yang berlatar belakang agama (SARA). Sementara usaha dialog antaragama terus diwujudkan namun tidak pernah selesai menjawab fenomena tersebut. Secara umum, penelitian ini akan mengidentifikasi permasalahan di atas, dengan mencoba mencari signifikansi dialog antaragama kemudian memasukkan FPUB Yogyakarta sebagai salah satu referensi jawabannya. FPUB Yogyakarta sebagai komunitas kultural yang berdekatan secara langsung dengan masyarakat basis, bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menguraikan peran strategis FPUB dalam kontribusinya terhadap dialog antaragama, dan sejauhmana sosialisasinya pada masyarakat grassroot. Dalam penyusunannya, digunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Yaitu, penyajian, pengklasifikasian dan penyusunan data, kemudian dijelaskan melalui penggambaran dengan kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan. Adapun dalam penyimpulannya penyusun menggunakan metode induktif. Pluralisme yang merupakan sunatullah, akhir-akhir ini menjadi bahasan hangat pada kalangan cendekiawan dan media massa, sebagai akibat logis dari kesulitan bangsa dalam mengatasi konflik internal dan eksternal kebangsaan. Seringkali pluralisme menyisakan permasalahan-permasalahan bagi umat beragama Persoalan pencerahan (enlightenment) merupakan pijakan bagi FPUB dalam meniti sebuah kebudayaan, yang intinya adalah humanisme. Dalam upaya perwujudan visi dan misinya, FPUB melakukan usaha internalisasi makna pluralis dan humanis dalam setiap gerakan. Menggunakan platform yang independen pada masyarakat, serta sejauh mungkin menjauhi sikap elitis dan top-down. FPUB berupaya membangun kembali kesadaran masyarakat untuk memahami bahasa-bahasa universal sebagai bahasa bersama, sehingga menguatkan proteksi dan daya tahan sosial masyarakat. Selain itu FPUB juga berperan aktif dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi masyarakat dan bagi negara khususnya, bahwa dimensi iman-agama merupakan dimensi privasi yang tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun. Sosialisasi nilai-nilai humanis, pluralis dan inklusif pada FPUB diwujudkan melalui berbagai agenda yang tersegmentasi dalam tiga bentuk divisi. Masing-masing melakukan transformasi sosial dalam formulasi yang berbedabeda, walaupun pada akhirnya kerja nyata seperti dialog karya masih terkesan menjadi ornamen saja. Tidak seimbangnya antara keterbatasan kapasitas dengan kebutuhan yang memerlukan penanganan dan tanggapan serius menjadi hambatan akan gerakan tersebut. Selain itu, cita-cita dan tujuan semacam ini memang tidak dapat dirasakan hasilnya secara instan. Hal ini memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang. Oleh karenanya, forum semacam ini perlu terus dikembangkan dan patut dibanggakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M Rifai Abduh, MA
Uncontrolled Keywords: TRANSFORMASI, HUMANIS, DIALOG, ANTARIMAN
Subjects: Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Jul 2017 09:33
Last Modified: 05 Jul 2017 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum