PEMBELAJARAN PAI DENGAN MODEL PAKEM PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI SDN 2 KECILA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

LIDIATUN ISTIQOMAH, NIM.00410132 (2006) PEMBELAJARAN PAI DENGAN MODEL PAKEM PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI SDN 2 KECILA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PAI DENGAN MODEL PAKEM PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI SDN 2 KECILA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PAI DENGAN MODEL PAKEM PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI SDN 2 KECILA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana latar belakang diterapkan model PAKEM dalam pembelajaran PAI, bagaimana konsep dasamya dan bagaimana aplikasinya dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan model PAKEM dalam pembelajaran PAI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDN 2 Kecila Kemranjen Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan digunakan angket sebagai pelengkap. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, yakni triangulasi dengan sumber dan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) Latar belakang diterapkannya model PAKEM dalam pembelajaran PAI adalah bermula dari adanya MBS. SDN 2 Kecila masuk dalam proyek rintisan MBS. Maka guru-guru mendapat serangkaian pelatihan tcntang pembelajaran yang Efektif-Aktif-Menyenangkan. Maka muncul istilah PEAM atau PAME yang kemudian dibakukan menjadi PAKEM. Maka model PAKEM tersebut diterapkan di SDN 2 Kecila untuk meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk pembelajaran PAI, dimana dalam pelaksanaannya didukung oleh Model Belajar Mandiri karya Moh. Durori. (2) Konsep dasar model PAKEM adalah bagaimana seorang guru bisa menyampaikan pelajaran dengan menarik agar siswa menjadi senang belajar dan mau terus belajar tanpa tekanan atau paksaan. Pendukung model PAKEM ini yakni metode Belajar Mandiri konsepnya sederhana, yaitu bagaimana seorang guru bisa membangkitkan selera belajar siswa seperti bangkitnya selera ketika akan menyantap makanan yang lezat. (3) Proses pembelajaran PAI di SDN 2 Kecila dilaksanakan dengan mengembangkan kegiatan yang beragam yang dapat merangsang aktivitas dan kreativitas siswa. Dalam pelaksanaannya diadakan variasi, baik variasi metode, media dan alat, maupun variasi dalam interaksi dan kegiatan siswa. Dan prosesnya didukung oleh penerapan Model Belajar Mandiri karya Moh. Durori dengan media-media pendukungnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. HR. Abdullah, M.Sc NIP.150028800
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 10:31
Last Modified: 05 Jul 2017 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum