STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SMA ISLAM 3 SLEMAN

IIS ROSTIAWATI, NIM.01410605 (2005) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SMA ISLAM 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SMA ISLAM 3 SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SMA ISLAM 3 SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an, penerapan strategi pembelajaran serta faktor penghambat pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an di SMA Islam 3 Sleman serta cara menanganinya . Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dan mengambil latar SMA Islam 3 Sleman, yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur'an, strategi pembelajaran dan faktor penghambat pembelajaran serta solusinya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dari hasil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pendekatan pembelajaran yang dipakai meliputi pendekatan individual dan rasional dengan rnetode yang digunakan mencakup metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan dan metode penugasan. Serta pelaksanaan evaluasi meliputi evaJuasi bentuk tes dan non tes. 2) Kendala-kendala dalam pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an ialah kurangnya tenaga pengajar, hambatan dari orang tua, lingkungan, sarana dan waktu. Adapun usaha untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan hubungan dengan orang tua murid dalam rangka mernperhatikan belajar anak-anak mereka, melibatkan koordinator bimbingan dan konseling, menambah sarana belajar serta lebih mengaktifkan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Tasman Hamami, MA. NIP.150226626
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 10:51
Last Modified: 05 Jul 2017 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25850

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum